Salah satu masalah rambut yang sering dialami adalah rambut kering. Masalah ini akan membuat rambut akan sulit ditata. Biasanya, rambut kering muncul akibat kesalahan pada perawatan rambut yang dilakukan. Lalu, apa saja kesalahan perawatan rambut tersebut?

Kesalahan Perawatan yang Menyebabkan Rambut Kering

1. Melakukan Aktivitas yang Memicu Rambut Kering

Rambut kering bisa disebabkan oleh aktivitas-aktivitas yang kita lakukan. Misalnya saja berenang. Aktivitas ini bisa memicu rambut kering yang dipicu oleh klorin pada kolam renang. Tidak hanya memicu rambut kering, klorin juga bisa membuat rambut berbau dan berubah warna, apalagi jika kadar klorin yang masuk ke rambut berlebihan.

2. Tidak Memotong Ujung Rambut yang Bercabang

Banyak yang lupa atau mengabaikan ujung rambut yang bercabang, terutama bagi kamu pemilik rambut panjang. Padahal, rambut bercabang adalah bagian rambut yang paling kurang nutrisi dan bisa membuat bagian rambut lain rusak jika dibiarkan panjang. Solusi untuk masalah ini adalah memotong bagian rambut tersebut.

3. Jarang Merapikan Rambut

Setelah mandi atau keramas, sebaiknya kamu harus segera merapikan rambutmu. Sebab, kebiasaan jarang merapikan rambut bisa membuat rambut menjadi kusut dan kering. Jika dibiarkan, rambut tersebut akan rentan dipenuhi kotoran dan kusam.

4. Kurangnya Asupan Makanan Bernutrisi dalam Tubuh

Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, makanan bernutrisi juga berdampak pada rambutmu. Jika kamu kurang mendapatkan asupan makanan tersebut, rambutmu akan rentan kering dan rusak.

Cara Mengatasi Masalah Rambut Kering

Setelah mengetahui apa saja kesalahan perawatan pemicu rambut kering, kini kamu beritahu bagaimana cara agar rambut tidak kering. Adapun cara-cara itu adalah:

1. Lakukan Perawatan Rambut Setelah Beraktivitas

Jika kamu melakukan berbagai aktivitas, segera lakukan perawatan khusus rambut. Mulai dari keramas sampai pemberian kondisioner. Selain membuat rambut tidak kering, cara ini juga akan membuat rambut jadi lebih sehat. Pastikan sampo dan kondisioner yang digunakan memang cocok untuk mengatasi rambut kering. Jika nanti selesai keramas dan pakai kondisioner, jangan lupa untuk merapikan rambutmu supaya tampilanmu jadi lebih menarik sekaligus terlindungi dari rambut kering.

2. Lindungi Rambutmu Saat Beraktivitas

Saat beraktivitas, penting untuk melindungi rambutmu supaya tidak kering. Sesuaikan pelindung rambut yang akan digunakan sesuai aktivitas yang dilakukan. Misalnya: jika kamu beraktivitas di luar ruangan yang terkena terik matahari, lindungi rambutmu dengan topi atau scarf. Sementara itu, gunakan swimming cap jika kamu akan berenang. Selain menghindari rambut kering, pelindung kepala ini juga dapat mengurangi kadar klorin yang bisa masuk ke rambut dan kepala.

3. Perbanyak Asupan Nutrisi

Selama beraktivitas, jangan lupa menyantap makanan bernutrisi yang baik untuk rambut. Misalnya pisang, yoghurt, wortel, dan telur. Berikan juga asupan nutrisi untuk rambut dengan memberikan sampo dan kondisioner yang tepat.

Sekian pembahasan dari Seru Menarik. Semoga bisa menambah wawasan untukmu yang mengalami masalah rambut kering.

By Anggie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *