Malang merupakan salah satu tempat destinasi wisata. Tidak heran kalau dunia kulinernya mengalami banyak perkembangan. Ini dia beberapa makanan khas di kota Malang seperti yang dikutip dari gajipokok.id.

  • Bakso Malang

Pecinta bakso berkesempatan untuk mencicipi bakso Malang yang terbuat dari sapi. Bagian bakso sering kali bertekstur kenyal. Sedangkan isian keseluruhan dari makanannya berupa mie, taoge, tahu, dan bakso yang semuanya direndam dalam kuah kaldu sapi. Cita rasanya sudah pasti sangat lezat.

  • Cwie Mie

Kalau Anda bukan berasal dari Pulau Jawa, umumnya akan asing mendengar masakan bernama Cwie Mie. Makanan ini memiliki nama mirip dengan bahasa Mandarin karena memang dibawa oleh etnis China. Secara tampilan sangat mirip dengan mie ayam, tetapi bagian ayam dibuat lebih halus.

  • Bakso Bakar

Anda hanya igin sekedar mengganjal perut. Mengapa tidak mencoba bakso bakar. Kuliner ini disajikan dengan bakso yang ditusuk dan dilumuri berbagai rempah-rempah dan kecap.

  • Es Durian Dampo

Anda mungkin menginginkan sesuatu yang dingin dan manis. Coba saja untuk memesan es durian dampo. Makanan ini cocok sebagai hidangan penutup karena rasanya manis. Es durian dampo dibuat dari durian yang dicampuri es batu, sirup, dan juga kental manis.

  • Es Angsle

Kuliner yang satu ini termasuk minuman manis. Isinya berupa kacang tanah, roti, dan kacang hijau. Paling mantap ketika dicicipi langsung dalam keadaan hangat.

  • Tahu Lontong Lonceng

Hadirnya tahu lontong lonceng dengan harga ramah kantong. Bahkan sebagian besar dari kuliner ini juga ditawarkan kepada pembeli dengan harga di bawah Rp 10.000 per porsi. Isi dari kulinernya adalah, taoge, kacang, dan kerupuk.

  • Nasi Goreng Mawut

Kita juga tidak boleh melewatkan nasi goreng mawut setiap tinggal di Malang. Nasi goreng ini disajikan bersama mie goreng. Beberapa isian lain yang ada di dalamnya bisa berupa kubis, loncang, dan suwiran ayam.

  • Rujak Cingur

Anda merindukan hidangan rujak cingur? Tenang saja karena di Malang juga tersedia banyak rujak cingur yang terbuat dari mulut sapi. 

  • Ronde Titoni

Malang juga terkenal dengan keberadaan dari ronde titoni. Di dalamnya terdapat kolang-kaling, potongan kacang tanah, roti tawar, dan moci putih yang semuanya diguyur kuah air jahe manis.

  • Soto Geprak

Makanan soto khas Malang disebut Soto Geprak. Proses pembuatan menggunakan rempah-rempah tertentu yang cita rasanya sangat lezat. Salah satu soto geprak terkenal adalah Soto Geprak Mbah Djo.

  • Nasi Pecel Kawi

Hidangan makanan berat yang menjadi andalan kota Malang adalah Nasi Pecel Kawi. Nasi tersebut berisikan sayura-mayur dan lauk pauk yang diguyur bumbu kacang. Sering kali hanya dijual pada pagi hari. Harga dari nasi pecel kawi juga sering kali terjangkau sehingga cocok untuk sarapan karyawan dengan gaji UMK kota Malang.

  • Bakpao Boldy

Bakpao ini punya warna luar yang putih dan tekstur soft. Di dalamnya sering kali diberikan banyak isian yang kreatif.

By Wingki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *