Momen liburan serta berkumpul bersama keluarga menjadi satu hal yang paling ditunggu, terutama momen mudik alias pulang kampung yang biasanya jadi rutinitas tahunan.  Berkunjung ke kampung halaman untuk beerepa waktu dan bersilaturahim dengan keluarga menjadi saat-saat yang pastinya menyenangkan.  Tentu saja anda akan menikmati momen kebersamaan tersebut jika rumah yang anda tinggalkan dalam keadaan aman.

Bagi anda yang berniat untuk meninggalkan rumah pada saat mudik ataupun momen tertentu pastinya anda ingin mengetahui kiat-kiat apa saja yang bisa anda lakukan sebelum pergi bukan.  Kali ini kami akan memberikan beberapa Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik yang bisa anda coba.

  1. Kunci semua pintu serta jendela

Hal yang paling pertama adalah pastikan bahwa semua pintu serta jendela di rumah anda sudah dalam keadaan tertutup rapat dan terkunci apapun jenis pintu rumah anda misalnya saja kuset galvanis, kusen kayu, kusen pintu jepara. Jangan meletakan kunci pada tempat-tempat yang mudah diketahui atau ditebak orang lain seperti di bawah pot, di bawah kesel atau di atas kusen jendela,

  1. Matikan aliran gas dan listrik

Pastikan anda sudah mencabut selang regulator kompor dan tabung gas untuk menghindari kebocoran. Matikan seluruh peralatan elektronik untuk menghindari konsleting serta biaya tagihan yang melambung.  Namun terkecuali lampu teras atau lampu taman biarkan hidup untuk memberikan penerangan di malam hari.

  1. Matikan aliran air

Jika anda menggunakan aliran air PAM, matikn juga meteran airnya untuk mencegah banjir akibat kebocoran air yang bisa saja terjadi serta pembengkakan tagihan listrik.

  1. Lapor ke pak RT dan kunjungi tetangga terdekat

Jika anda berencana untuk pergi mudik serta meninggalkan rumah anda dalam waktu yang cukup lama. Tidak ada salahnya melaporkan rencana mudik anda ke ketua RT imana anda tinggal, selain bersilaturahmi hal itu juga dapat berarti secara tidak langsung anda menitipkan rumah anda.  Tetangga terdekat anda juga tidak boleh dihiraukan, pamit untuk bepergian pada tetangga juga hal yang baik dan ingatlah bahwa tetangga adalah CCTV terbaik.

Dengan menerapkan Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik yang kami bagikan tentu saja menjadi salah satu tindakan preventif untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian dan lain sebagainya.  Meninggalkan rumah dalam waktu yang lama memang terkadang membuat sebagian orang khawatir, namun dengan tips-tips di atas tentu kita bisa melakukan antisipasi agar mudik menjadi lebih nyaman tanpa rasa was-was.  Yang tidak kalah penting adalah pastikan bahwa anda tidak menyimpan barang berharga yang berlebihan di dalam rumah karena selain bisa mengundang kejahatan hal tersebut juga kurang aman.  Semoga tips serta trik yang kami bagikan bisa memberikan manfaat, selamat mencoba.

By Syella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *