Salah satu elemen penting dalam sebuah website adalah hosting. Lewat hosting, website-mu bisa muncul di mesin pencarian dengan mudah. Dengan begitu, para pengunjung pun bisa mendatangi website-nya dengan mudah pula. Pada artikel ini, kami akan jelaskan seperti apa hosting dan apa saja fungsinya. Semua pembahasan itu bisa kamu simak di bawah ini!

Pengertian Hosting

Secara sederhana, hosting merupakan layanan online yang dipakai untuk mengelola data suatu website. Lewat layanan ini, sebuah website bisa tampil di internet. Layanan ini juga bisa menyimpan sejumlah data penting suatu website, semisal gambar, video, dan basis data (database). Untuk memakai layanan ini, seorang pemilik website mesti membayar biasa sewa tiap bulannya. Semakin rutin pemilik website membayar, maka layanan ini bisa terus dipakai si pemilik website. Hosting sendiri punya beragam jenis, beberapa di antaranya adalah:
  • Cloud Based Hosting: merupakan hosting yang memakai sekelompok server di dalamnya. Bila salah satu server sibuk, maka trafik yang dikelola server itu bakal dipindahkan ke server lain. Sampai saat ini, jenis hosting ini masih banyak peminatnya.
  • Shared Hosting: merupakan suatu hosting tradisional yang memiliki satu server saja. Server tersebut nantinya bakal dibagi menjadi beberapa server. Walau tradisional, hosting ini masih diminati karena harganya yang terjangkau.
  • WordPress Hosting: ini merupakan versi khusus dari shared hosting. Sesuai namanya, hosting satu ini hanya bisa dipakai oleh pengguna WordPress.
  • Dedicated Hosting: suatu layanan hosting yang menyediakan server dengan kontrol maksimal. Layanan hosting ini juga cukup fleksibel dari segi pemakaian.
  • VPS Hosting: hosting satu ini merupakan perpaduan antara Cloud Bas Hosting dengan Dedicated Hosting. Hosting satu ini sangat cocok bagi website yang memiliki traffic tinggi.

Fungsi Hosting

Hosting memiliki banyak fungsi bagi penggunanya. Baik itu bagi pembuat website pribadi maupun perusahaan. Adapun beberapa di antaranya adalah:
  • Membantu menciptakan halaman website, serta wadah untuk menyimpan data-datanya.
  • Membantu pemilik website untuk membuat email profesional. Dengan adanya email profesional, kredibilitas website dan pemiliknya pun bakal semakin naik.
  • Pemilik website bisa memasang Secure Socket Layer (SSL) di website yang ia punya. Dengan adanya SSL, website bakal terhindar dari serangan virus, malware, dan spam.
  • Bagi pemilik website jual-beli online, kehadiran hosting bisa membuat informasi pada website-nya terbaca dengan mudah oleh mesin pencari. Dengan begitu, pemilik website pun bisa mendatangkan pengunjung dengan lebih mudah.

Penutup

Hosting merupakan salah satu elemen penting dalam suatu website. Dengan adanya hosting, suatu website bisa mudah dideteksi mesin pencari. Data-data website pun tersedia dengan baik oleh layanan tersebut. Hosting pun juga punya beragam macam fungsi yang sudah dijelaskan di artikel ini. Bagi anda yang ingin membuat website anda bisa Beli Domain dan juga hosting di penyedia Hosting Indonesia terbaik yaitu Qwords.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *