Sebuah syariat diturun oleh Allah tentu memiliki manfaat bagi kehidupan hamba-hambanya di dunia. Tidak terkecuali, manfaat sholat hajat yang dapat membuat hidup seorang hamba menjadi lebih baik dan berkah. Ulasan berikut akan membahas mengenai manfaat dari melaksanakan sholat hajat untuk kehidupan sehari-hari. Simak penjelasannya.

Deretan Manfaat Melaksanakan Sholat Hajat

  1. Semakin Mendekatkan Diri Kepada Allah

Seorang hamba yang semakin menyerahkan segala permasalahan hidup dan pasrah kepada Allah akan membuat orang tersebut semakin dekat kepada Sang Pencipta. Tidak terkecuali bagi hamba yang senantiasa melakukan sholat hajat dengan tujuan ingin memohon pertolongan kepada Allah, agar segala urusannya dimudahkan.

Hamba yang senantiasa meminta pertolongan kepada Allah, pasti membuat hatinya semakin terpaut kepada Sang Pencipta langit dan bumi tersebut. Setiap kali mendapatkan musibah, ia hanya akan memohon dan berlari kepada yang Maha Menyelesaikan masalah. Tidak hanya itu, jika seorang hamba sering melaksanakan sholat hajat maka sama halnya dengan menghidupkan sunnah.

Seperti menghidupkan sunnah juga bagian dari manfaat sholat hajat. Melaksanakan sholat hajat secara berkala, akan membuat seorang hamba dicatat sebagai hamba yang rajin mengamalkan sunnah. Dan Allah menyukai hamba yang senantiasa menghidupkan sunnah-sunnah Rasul-Nya walaupun sedikit.

  1. Diampuni Dosanya

Melaksanakan sholat hajat juga akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan seseorang tidak hanya di dunia saja, tetapi juga di akhirat. Seorang hamba yang gemar melakukan sholat hajat akan Allah ampuni dosanya. Sebab, secara tidak langsung hamba tersebut terus meminta dan memohon hanya kepada Allah bukan malah selain-Nya.

Semakin banyak meminta dan semakin khusyuk pula sujudnya maka akan meninggikan derajatnya pula dihadapan Allah Ta’ala. Sebagaimana kodrat seorang manusia yang tidak pernah luput dari dosa, maka harus terus dibarengi dengan senantiasa memohon ampunan kepada Allah.

Melaksanakan sholat hajat juga dapat membuat hamba bebas dari dosa, dengan kata lain, Allah bisa saja menghapuskan dosa-dosa hamba tersebut jika ia rajin untuk melaksanakan sholat hajat. Dosa-dosa bisa terampuni juga menjadi bagian dari manfaat sholat hajat yang harus diketahui.

  1. Memperlancar Hajat

Melaksanakan sholat hajat maka sama halnya dengan meminta untuk dilancarkan hajatnya. Sholat ini memang dilakukan untuk meminta pertolongan dan memohon kepada Allah satu-satunya Dzat yang bisa memudahkan segala perkara yang ada di muka bumi. Tugas manusia hanya perlu bersabar dan terus khusyuk berdoa kepada-Nya.

Tidak lupa pula, ketika melaksanakan sholat hajat harus dibarengi dengan berbaik sangka terhadap segala ketentuan yang sudah Allah berikan kepada hamba-hambanya. Dalam artian, manusia harus terus mensyukuri apapun yang terjadi walaupun sudah ikhlas untuk melaksanakan sholat hajat.

Jika melaksanakan sholat hajat tidak juga kunjung memperlancar sebuah hajat seorang hamba, maka yang harus terus dilakukan yakni berbaik sangka dan bersyukur. Karena, hal-hal yang biasanya tidak disukai manusia justru hal tersebut baik di hadapan Allah Ta’ala. Maka, yang harus dilakukan seorang hamba adalah terus bersabar dan tidak putus memohon melalui doa.

  1. Terhindar Dari Bahaya

Manfaat sholat hajat berikutnya yakni akan terhindar dari bahaya. Tidak hanya ketika memiliki hajat, namun ketika merasa memiliki kesulitan Anda juga bisa melaksanakan sholat sunnah hajat satu ini. Dengan niatan mendapatkan pertolongan dan dijauhkan dari segala jenis bahaya yang ada.

Allah, Dzat yang Maha Penolong juga sudah berjanji kepada hamba-hambanya yang melaksanakan wudhu dan sholat dua rakaat. Serta tidak lupa memohon dengan sungguh-sungguh, maka akan Dia beri pertolongan untuk seorang hamba tersebut. Jika mendapatkan kesulitan alangkah baiknya untuk langsung melakukan sholat sunnah hajat.

Dari segala bahaya yang ada di muka bumi ini juga terjadi tentu atas izin Allah, maka untuk menyangkalnya pun tentu harus memohon pertolongan kepada Allah pula. Dengan melakukan sholat sunnah hajat sama halnya dengan menghindarkan diri dari bahaya yang akan terjadi.

Itulah beberapa manfaat yang berasal dari sholat sunnah hajat yang masih belum banyak orang tahu seperti yang kami ambil referensinya dari https://www.harapanrakyat.com/. Sholat ini memang hanya dilakukan dua rakaat saja, namun sejatinya akan bernilai sesuatu yang mulia di hadapan Allah jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Niatkan pula melaksanakan sholat ini untuk kebaikan perkara akhirat bukan hanya duniawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *