Saat ini hampir seluruh amsjid menggunakan mimbar untuk berdakwah. Untuk memilih mimbar ternyata tidaks emudah seperti halnya memilih benda lain karena tidak boleh memilih mimbar yang asal-asalan karena nantinya digunakan untuk berdakwah di dalam masjid.

Ketika memilih mimbar, sebaiknya pilihlah mimbar yang berkualitas agar awet dan tahan lama. Kamu juga bisa memilih mimbar yang terdapat kaligrafi ukir jepara pada mimbar yang akan kamu pilih. Dengan adanya kaligrafi ukiran, tentunya akan membuat mimbar tersebut lebih cantik.

Untuk ukruan dan kaligrafi tentunya ada banyak macamnya. Ada yang bentuk persegi Panjang, ada yang kotak, ada yang pendek dan ada juga yang tinggi. Kali ini kami akan memberikan beberapa contoh dan ukuran mimbar masjid yang bisa kamu jadikan referensi untuk pilihan.

Daftar Contoh Ukuran Mimbar Masjid

  1. Ukuran 120 X 35 X 35 cm

Pertama ialah mimbar masjid dengan ukuran 120 X 35 X 35 cm. Untuk bagian tingginya ialah dnegan ukuran 120 cm dan lebarnya 35 cm. Ukuran ini merupakan ukuran standard kecil.

Untuk desainya mayoritas persegi Panjang. Untuk harga mimbar jenis ini harganya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis lainya. Untuk harganya mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000. Selain ukuran, juga dilihat dari jenis ukiran kaligrafi yang kamu pilih untuk menentukan harganya.

  1. Ukuran 90 X 80 X 125 cm

Kedua ialah mimbar amsjid dengan ukuran 90 X 80 X 125 cm. Ukuran kedua ini banyak yang memilih untuk masjid minimalis. Untuk harganya mulai dari Rp 2.000.000 tergantung kerumitan desain dan motif ukiranya.

Semakin rumit tingkat desain, motif dan ukiranya, semakin mahal pula harga yang dibandrol.

  1. Ukuran 80 X 70 X 120 cm

Ketiga ialah mimbar masjid dengan ukuran 80 X 70 X 120 cm. Ketika membeli mimbar secara online, ada baiknya kenali dulu ukuran mimbarnya. Kamu bisa mengambil meteran untuk ukuran mimbar yang masjid yang digunakan dalam masjid.

Namun, jika masih bingung, ada baiknya kamu membeli mimbar masjid secara offline saja karena kamu bisa berkonsultasi secara langsung dengan pemilik tokonya. Jika ada keluhan atau masukan, kamu juga bisa ngomong secara langsung.

  1. Ukuran 100 X 100 X 130 cm

Keempat ialah mimbar masjid dengan ukuran 100 X 100 X 130 cm. Untuk ukuran yang keempat ini bentuknya seperti kubus atau kotak. Mimbar kotak ini merupakan salah satu jenis mimbar minimalis.

Untuk desainya juga sangat simple, tidak mewah, dan tidak berlebihan. Oleh sebab itu, jenis mimbar yang berukuran seperti ini sangat cocok digunakan untuk mimbar masjid minimalis.

Mimbar ini cocok untuk digunakan didalam masjid yang mana dihadapkan dengan beberapa jama’ah yang tidak terlalu banyak karena bentuknya yang minimalis.

By Nurul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *