Kebanyakan jenis pipa yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga memakai jenis pipa PVC. Khususnya untuk saluran air bersih dan saluran pembuangan air kotor. Sama seperti jenis pipa lainnya, pipa yang satu ini juga bisa mengalami kebocoran.

Jika pipa jenis PVC bocor, maka jalan satu-satunya dengan menambal pipa tersebut. Ada banyak orang yang belum mengetahui cara menambal pipa PVC, maka kebanyakan orang tersebut akan memanggil tukang. Tahukah kalau menambal pipa bisa dikerjakan sendiri?

Cara Menambal Pipa PVC yang Bocor Sendiri

Ternyata tidak sulit untuk menambal pipa PVC yang bocor secara mandiri. Asalkan mengetahui caranya, maka aktivitas tersebut bisa dilakukan sendiri. Cukup sediakan lem pipa dan cara-cara berikut ini.

Mengetahui denah pipa di dalam bangunan

Sebelum melakukan tambal pipa, sebaiknya mengetahui denah tentang pipa di dalam bangunan tersebut. Langkah yang satu ini untuk mengetahui kira-kira daerah mana yang rawan akan kebocoran pipa. Sekaligus ukuran pemakaian pipa PVC yang cocok dan tepat.

Menyiapkan alat

Bukan hanya mengetahui lokasi penempatan pipa saja, namun juga harus menyiapkan peralatan untuk menambal pipa. Misalnya saja pipa baru, selotip, lem pipa, dan sebagainya. Siapkan juga pensil atau spidol yang akan digunakan untuk menandai tempat kebocorannya. Sehingga memudahkan untuk penambalan pipa.

Mengganti sambungan pipa

Kebocoran pipa bisa terletak di mana saja saja. Bisa juga kebocoran tersebut terjadi pada sambungannya. Jadi, perlu ada penggantian sambungan pipanya. Agar pemasangan sambungan lebih kuat, maka berikan lem pipa dan selotip.

Memasang kembali sambungan lama

Ada penyebab lainnya pipa mengalami kebocoran. Yaitu tidak adanya drat pada sambungan pipa. Oleh karena itu, perlu memasangkan kembali sambungan lama ke pipa dengan memakai lem khusus pipa.

Jika memakai cara tersebut maka harus dilakukan dengan gerakan cepat. Setelah mengoleskan lem, segera sambungkan sebelum lem pipa mengering.

Menutup pipa yang retak

Penyebab lain pipa bocor adalah badan pipa yang retak. Cara mengatasinya cukup mudah. yaitu dengan menutup badan pipa menggunakan lem khusus. Jika badan pipanya sudah berlubang, maka perlu penggantian pipa yang baru.

Membeli pipa yang berkualitas

Biasanya harga pipa sebanding dengan kualitasnya. Jika tidak ingin mengalami kebocoran pipa dalam jangka waktu lama, maka perlu memakai pipa PVC yang berkualitas. Pipa berkualitas biasanya memiliki daya ketahanan yang baik.

Sehingga tidak mudah terkena korosi atau bocor. Biasanya merek tersebut juga ditunjang dengan lem dan sambungan yang langsung bisa digunakan.

Itulah cara-cara menambal pipa PVC yang bocor dengan mudah. Jika bisa diselesaikan sendiri, maka tidak perlu untuk memanggil tukang. Selain lebih hemat biaya, tentunya pemasangan tersebut bisa dipercaya. Karena pengerjaannya dilakukan sendiri. selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *