Sebagian perempuan pernah merasakan nyeri saat haid. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah kontraksi pada otot dinding rahim. Jangan lantas panik jika itu terjadi. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan berbagai cara meredakan nyeri haid. Dari berbagai cara itu, 6 diantaranya akan kami bahas sebagai berikut!

Cara Meredakan Nyeri Haid

1. Kompres Perut dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengompres perut dengan air hangat. Cara ini bisa membuat otot rahim yang kontraksi bisa lebih rileks, serta bisa meningkatkan aliran darah. Jika kalian repot melakukan cara ini, kamu bisa duduk di atas bantalan pemanas atau mandi air hangat.

2. Meminum Teh Herbal

Salah satu pemicu terjadinya nyeri haid adalah peradangan. Untuk mengatasinya, kamu bisa meminum teh herbal. Teh herbal mengandung zat antiradang yang bisa membuat peradangan selama nyeri haid hilang, serta mengatasi kram perut. Cara ini juga bisa membantumu mengatasi insomnia. Ada beberapa jenis teh herbal yang bisa diminum, yaitu teh chamomile dan teh peppermint.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Selain meminum teh herbal, kamu juga bisa minum air putih dalam jumlah banyak. Cara ini bisa mengatasi perut kembung yang bisa membuat haid terasa semakin nyeri. Dalam sehari, kamu bisa minum air putih selama 6-8 gelas perhari.

4. Memijat Bagian Tubuh yang Nyeri dengan Memakai Essential Oil

Agar nyeri bisa berkurang, kamu bisa memijat tubuh yang nyeri dengan essential oil. Selain mengurangi nyeri, cara ini juga bisa membantu tubuh lebih rileks. Ada banyak essential oil yang bisa dipakai, salah satunya adalah kayu putih.

5. Melakukan Olahraga Ringan

Mungkin kamu heran mengapa berolahraga ringan bisa menjadi tips meredakan nyeri haid. Faktanya, cara ini memang terbukti ampuh mengatasi masalah tersebut. Cara ini bisa mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kembali rileks, serta bisa menghilangkan nyeri dan stres selama haid. Supaya kamu tidak merasa terlalu berat, kamu bisa melakukan cara ini selama 15 menit dalam sehari.

6. Mengkonsumsi Makanan Pereda Nyeri Haid

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu meredakan haid. Sayur bayam adalah salah satunya. Selain meredakan haid, sayuran ini juga bisa mengembalikan zat besi yang berkurang selama haid berlangsung.

Selain mengkonsumi makanan pereda haid, kamu juga bisa menghindari makanan pemicu nyeri haid. Misalnya makanan yang mengandung natrium, kopi, dan minuman beralkohol.

Akhir Kata

Nyeri haid adalah salah satu gejala yang dialami perempuan selama menstruasi. Jika itu yang terjadi, kamu bisa lakukan 6 cara meredakan nyeri haid yang sudah kami sebutkan. Semoga bisa kamu praktikkan, sehingga nyeri haidmu bisa berkurang. Sampai jumpa di artikel Seru Menarik berikutnya, ya!

By Anggie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *