Melakukan proses download aplikasi SPSS for PC tidaklah terlalu sulit. Selama Anda mendapatkannya dari laman yang terpercaya sehingga tidak menimbulkan risiko yang tinggi. Misalkan disusupi malware atau yang sejenisnya.

Banyak praktisi statistik yang yang lebih memilih untuk memanfaatkan SPSS dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya. Terutama karena proses yang tidak rumit juga karena cakupan objek informasinya lebih luas yaitu bidang sosial.

Bagi Anda yang baru saja menerjuni bidang statistik tentu harus mengetahui dulu berbagai fungsi software SPSS ini. Simak penjelasan tentang fungsi-fungsinya seperti yang disadur dari situs foldertips.com

Fungsi Aplikasi SPSS

SPSS merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data berupa informasi statistik.  Oleh karena itu memiliki fungsi yang yang berbeda dibandingkan dengan pengolah angka lainnya.

Adapun fungsi dari aplikasi SPSS yang sering digunakan adalah sebagai berikut: 

Transformasi data

SPSS dapat melakukan transformasi data sesuai dengan yang dibutuhkan oleh penggunanya.  Sehingga lebih mudah untuk melakukan proses subset data. Lanjutnya Anda kemudian dapat mengkombinasikan berbagai kategori  data yang dibutuhkan. 

Dapat menciptakan grafik yang memiliki resolusi tinggi

Perangkat lunak ini memang dikembangkan untuk menampilkan data dalam bentuk yang sangat sederhana namun mudah untuk dimengerti oleh banyak orang. Antara lain dengan menampilkan berbagai macam grafik yang mewakili hasil pengolahan tersebut.

Terdapat berbagai macam grafik resolusi tinggi antara lain adalah pakai cara histogram scatter, plot,  grafik bar, serta grafik 3 dimensi. Pengguna tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan.

Hal tersebutlah yang menyebabkan banyak penggunanya menjadi lebih nyaman ketika melakukan proses pengolahan data. Sebab pada umumnya akan diwujudkan dalam suatu kesimpulan yang sederhana dalam bentuk grafik.

Memiliki distribusi elektronik yang berkualitas

SPSS juga dikembangkan dengan penyesuaian penggunaan teknologi Pengiriman data yang fleksibel dan sederhana. Anda dapat mengirimkan seluruh proses pengerjaan atau hasilnya dengan memanfaatkan tombol pengiriman menggunakan email.

Bisa juga langsung melakukan ekspor tabel dan grafik ke dalam mode html sehingga dapat langsung didistribusikan menggunakan intranet pada lingkungan yang terbatas. Namun tidak menutup kemungkinan Anda langsung dapat membagikannya melalui dunia maya.

Membantu proses pemetaan data

Anda dapat melakukan proses visualisasi data dengan memanfaatkan tipe penyajian yang ada.  Pilihannya adalah konvensional berupa data diam ataupun yang interaktif sehingga dapat seperti berkomunikasi secara langsung.

Anda dapat memilih tipe penyajian data seperti jangkauan nilai, berbagai macam grafik simbol gradual, serta berbagai tipe bar. 

Multitasking

Menggunakan SPSS maka penggunanya dapat melakukan proses analisa data menggunakan sumber data yang berbeda. Dan dalam satu waktu Anda dapat menghasilkan informasi yang menunjukkan kesimpulan dari data tersebut.

Sekarang Anda sudah mengetahui dengan jelas 5 fungsi aplikasi SPSS. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan serta data yang hendak diolah. Selamat bekerja!

By Wingki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *