Farmasi merupakan salah satu bidang studi yang krusial dalam dunia kesehatan. Kualitas pendidikan farmasi sangat bergantung pada perguruan tinggi tempat mahasiswa menempuh pendidikan. Indonesia memiliki sejumlah kampus dengan reputasi terbaik dalam menyelenggarakan program studi farmasi. Berikut adalah daftar kampus dengan jurusan farmasi terbaik di Indonesia sebagaimana yang dilansir dari laman https://pafiacehtamiang.org/

  1. Universitas Indonesia (UI) Universitas Indonesia, yang terletak di Depok, Jawa Barat, adalah salah satu kampus terkemuka di Indonesia. Jurusan Farmasi UI menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan kurikulum yang terus diperbarui sesuai perkembangan ilmu pengetahuan farmasi. Dukungan fasilitas dan laboratorium modern membuat mahasiswa UI dapat mengembangkan keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia industri farmasi.
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB) ITB tidak hanya terkenal dalam bidang teknologi, tetapi juga memiliki jurusan farmasi yang unggul. Program studi farmasi di ITB menekankan pengembangan inovasi dan riset dalam industri farmasi. Mahasiswa di ITB memiliki akses ke fasilitas laboratorium canggih dan pengajaran oleh dosen-dosen berpengalaman.
  3. Universitas Airlangga (UNAIR) Terletak di Surabaya, UNAIR memiliki Fakultas Farmasi yang telah mencetak lulusan berkualitas tinggi dalam bidang farmasi. Kurikulum yang terstruktur dengan baik dan kolaborasi dengan industri farmasi membuat mahasiswa UNAIR siap menghadapi tantangan di dunia kerja setelah lulus.
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM) Fakultas Farmasi UGM dikenal karena menyelenggarakan program studi farmasi yang komprehensif. Mahasiswa di UGM tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis tetapi juga terlibat dalam kegiatan riset dan praktik di laboratorium modern.
  5. Universitas Hasanuddin (UNHAS) UNHAS, yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, juga memiliki program studi farmasi yang berkualitas. Dengan fasilitas yang memadai, mahasiswa farmasi di UNHAS dapat mengembangkan keterampilan praktis mereka dengan baik.
  6. Universitas Padjadjaran (UNPAD) UNPAD, terletak di Bandung, Jawa Barat, memiliki Fakultas Farmasi yang menawarkan program studi farmasi dengan kurikulum yang relevan dengan perkembangan industri farmasi. Mahasiswa di UNPAD dilibatkan dalam kegiatan riset dan praktek praktis di laboratorium modern.
  7. Universitas Sumatera Utara (USU) USU, yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara, juga memiliki Fakultas Farmasi yang memiliki reputasi baik. Program studi farmasi di USU dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan yang komprehensif dan keterampilan praktis yang dibutuhkan di lapangan.

Memilih kampus yang tepat untuk menempuh pendidikan farmasi merupakan langkah penting untuk meraih kesuksesan di dunia profesi. Keberhasilan alumni dari daftar kampus di atas menjadi bukti bahwa pendidikan farmasi di Indonesia terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi kesehatan masyarakat.