Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis – Puasa dalam bahasa arab artinya menahan. Puasa sendiri berati kegiatan menahan hawa nafsu, makan dan minum dari terbit fajar dan tenggelamnya matahari. Dalam islam ada beberapa jenis puas. Puasa wajib adalah puasa yang harus dilakukan semua muslim dengan syarat tertentu. Biasanya di satu bulan khusus yang disebut bulan Ramdhan dan puasa ini disebut puasa Ramadhan. Ada juga puasa sunnah, puasa ini tidak harus dilakukan tapi memiliki keutamaan dan manfaat bila dilakukan. Puasa sunnah ada beberapa misalnya puasa senin kamis, puasa daud, puasa arafah, dan lain sebagaianya.

Kali ini kita akan bahas manfaat dan keutamaan puasa sunnah senin kamis. Jadi, apa itu puasa sunnah senin kamis? Puasa senin kamis adalah puasa yang dilakukan 2 kali dalam seminggu yaitu hari senin dan hari kamis.

Puasa senin kamis merupakan puasa yang sering dijalankan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Puasa adalah salah satu amalan ibadah yang disukai Allah SWT. Allah akan memberikan pahala yang berlipat kepada mereka – mereka yang suka berpuasa.

Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

  1. Hari dimana amalan manusia diperiksa

Dalam sebuah hadis yang dismapaikan Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda :

“Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Itulah salah satu alasan kenapa Rasulullah SAW suka berpuasa dihari senin dan kamis.

  1. Diampuninya segala dosa selain dosa dua orang yang sedang bermusuhan

Selain karena alasan diatas Rasulullah SAW sering dan mengajurkan berpuasa pada hari senin dan kamis karena hari itu adalah hari dimana segala dosa diampuni kecuali mereka orang yang bermusuhan. D

ari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

Advertisement

“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

  1. Terhindar dari api neraka yang membara

”Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara”.{HR.Ahmad dan Baihaqi}.

Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Tidaklah seorang hamba berpuasa satu hari dijalan Allah,

Melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya dengan hari itu dari Neraka selama 70 tahun.”( HR.Bukhari & Muslim)

  1. Dijamin Masuk Surga

Surga memiliki satu pintu khusus untuk para ahli puasa (orang – orang yang semasa hidupnya suka berpuas). Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

  1. Menjadi penolong pada hari kiamat

Salah satu yang menolong kita pada hari kiamat adalah puasa.

“Puasa dan al Qur’an akan memberi syafaat bagi hamba pada hari kiamat.

Puasa berkata; ‘Ya Allah, aku mencegahnya dari makan,minum pada siang hari maka jadikanlah aku sebagai penolongnya.’ Maka syafaat keduanya diterima Allah.”(HR.Ahmad)

Manfaat Puasa Senin & Kamis

  1. Manfaat untuk jiwa adalah membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, mengelola pemguasaan diri, mewujudkan dan membentuk ketaqwaan diri.
  2. Manfaat secara sosial adalah membiasakan berlaku disiplin, melahirkan perasaan kasih sayang dan mendorong berbuat kebajikan serta dapat menjaga dari kejahatan dan kerusakan.
  3. Manfaat bagi kesehatan adalah membersihkan usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh, memperbaiki metabolisme tubuh, mengistirahatkan organ – organ pencernaan yang sudah bekerja keras setiap harinya dan menjadikan tubuh jauh lebih sehat. Bisa menjadi sarana untuk mengurangi berat badan yang berlebih.
  4. Membersihkan hati

Itulah beberapa keutamaan dan manfaat dari puasa sunnah senin kamis. Selain menjadikan diri lebih taat kepada Allah SWT juga bisa menyehatkan badan.

Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis | Riris Rukma | 4.5