Penggunaan skincare adalah hal yang penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Tapi banyak yang melakukan kesalahan saat melakukannya, mungkin Anda salah satunya? Jangan hanya terpaku pada pemilihan produk skincare terbaik, ketahui juga bagaimana skincare routine yang salah agar hasilnya jadi maksimal.

 

Kesalahan-kesalahan dalam Memakai Skincare

Saya yakin, banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya menggunakan skincare yang benar. Sehingga manfaat yang seharusnya dirasakan jadi tidak ada. Berikut ini apa saja kesalahan dalam skincare routine yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Terlalu Banyak Produk yang Digunakan

Mungkin ada yang berpikir bahwa menggunakan produk skincare yang banyak itu semakin membuat kulit bisa lebih sehat dan cantik. Tapi ternyata memakai skincare yang terlalu banyak itu tidak berguna. Jika mau pakai beberapa produk sekaligus gunakan sedikit-sedikit saja.

2. Setelah Pakai Krim Malam Langsung Tidur

Siapa yang menggunakan skincare beberapa menit menjelang tidur? Ternyata ini salah, harusnya skincare routine dilakukan 1 jam sebelum tidur. Tujuannya agar produknya bekerja di kulit lebih dulu. Jika dipakai mendekati waktu tidur maka bisa bisa krim malam Anda menempel bantal.

3. Sering Cuci Muka

Sering cuci muka dengan air tidak masalah tapi kalau menggunakan facial wash secara sering itu yang salah. Terutama bagi pemilik kulit kering. Oleh karena sabun cuci muka sering membuat terkikisnya lapisan minyak pada kulit wajah. Akibatnya wajah Anda bisa lebih bisa berminyak dan berkomedo.

4. Sering Pakai Produk Exfoliate

Menggunakan produk exfoliating untuk kulit wajah itu sebenarnya bagus tapi harus dilakukan seminggu sekali saja supaya skin barrier Anda tidak rusak. Akan sangat sulit untuk mengembalikan skin barrier Anda jika sudah rusak.

5. Urutan Skincare Salah

Kesalahan urutan skincare banyak terjadi apalagi bagi yang belum terbiasa. Produk skincare yang paling pertama digunakan adalah yang bahannya paling cair dibandingkan produk lain. Biasanya toner digunakan lebih dulu. Setelah itu beralih ke yang lebih kental. Sebelum melakukan make-up, sunscreen digunakan terakhir. Jika malam hari, krim malam yang biasanya digunakan terakhir.

6. Layering Produk Tanpa Jeda

Ada baiknya Anda memberikan jeda pada setiap produk supaya dapat secara optimal meresap ke kulit wajah. Baiknya ada jeda sekitar 10 menit sebelum menimpanya dengan produk selanjutnya.

7. Produk Tidak Sesuai Kebutuhan Kulit

Sebelum membeli produk, Anda harus pastikan dulu bagaimana kondisi kulit Anda. Jika mendapatkan rekomendasi dari orang lain atau influencer maka lebih baik cari lebih dulu informasi mendetail tentang produknya. Apakah cocok atau tidak dengan jenis kulit Anda. Oleh karena cocok di satu orang belum tentu cocok juga di wajah Anda.

8. Pakai Suncreen Tanpa Moisturizer

Moisturizer harus digunakan sebelum Anda menggunakan sunscreen. Tujuannya supaya kulit Anda lembab lebih dulu. Lalu perhatikan juga takaran penggunaan sunscreen. Setidaknya pakai sebanyak 1 sendok teh dan gunakan minimal 15 menit sebelum keluar rumah.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan agar kesalahan penggunaan skincare tidak terjadi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *