Di antara banyaknya tipe Samsung Galaxy, smartphone Galaxy Tab A8 juga merupakan salah satu tipe yang mendapatkan pembaruan di tahun 2022. Jika pembaca ingin memperbarui Galaxy firmware dari perangkat, pembaca bisa melakukan cara upgrade firmware Samsung Galaxy Tab A8 versi 2022 secara mandiri.

Namun, melakukan pembaruan secara mandiri juga membutuhkan panduan yang tepat agar upgrade berjalan lancar. Nah, pembaca sudah berada di tempat yang tepat. Dalam ulasan ini akan dijelaskan cara melakukan upgrade lengkap mulai dari langkah awal sampai akhir. Yuk, cermati langkah-langkahnya berikut sebagaimana yang dikutip dari galaxyfirmware.com!

  1. Siapkan Perangkat

Langkah pertama dalam cara upgrade firmware Samsung Galaxy Tab A8 versi 2022 adalah mempersiapkan perangkat. Siapkan perangkat Galaxy Tab A8 dengan melakukan pencadangan data-data penting. Hal ini dimaksudkan agar setelah pembaruan, pembaca bisa melakukan pemulihan atau recovery data.

Selain mempersiapkan smartphone yang ingin diperbarui, siapkan juga perangkat lain berupa PC atau laptop. Perangkat ini diperlukan untuk menginstal file firmware di hp. Jangan lupa sediakan juga kabel USB asli yang sesuai dengan tipe hp untuk menghubungkan hp dengan PC atau laptop.  

  1. Unduh dan Pasang Perangkat Lunak

Berikutnya, pembaca perlu mengunduh dua buah file. Pertama, unduhlah file installer Odin. Ini merupakan program yang akan digunakan sebagai alat untuk memasang firmware baru pada smartphone. Pembaca dapat menemukan Odin dengan mudah di internet.

Selain Odin, unduh juga file firmware khusus untuk Samsung Galaxy A8. Pastikan untuk mengamati detail keterangan file dan pilih versi yang terbaru di 2022. Pembaca dapat mengunduh file firmware dari situs resmi penyedia firmware Samsung.

Unduh Odin dan file firmware Samsung melalui browser PC atau laptop. Jika sudah terunduh, lakukan instalasi untuk file installer Odin. Lalu, lanjutkan dengan mengekstrak file firmware yang sudah tersimpan di file explorer. Ekstraksi ini dilakukan agar file-file di dalamnya bisa digunakan langsung di langkah berikutnya.

  1. Hubungkan Perangkat

Lanjutkan dengan membuka program Odin di PC sambil membuka Download Mode atau Odin Mode di smartphone. Usai Odin terbuka, sambungkan smartphone Samsung Tab A8 dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB.

  1. Mulai Upgrade

Langkah berikutnya, lakukan impor file dari Odin. Pilihlah file firmware sesuai dengan tipe file yang diminta oleh Odin. Jika semua file firmware yang diminta Odin sudah dimasukkan, selanjutnya pembaca dapat memulai proses upgrade. Klik tombol Start agar upgrade segera berjalan.

  1. Tunggu Proses Upgrade

Terakhir, pembaca hanya perlu menunggu sampai proses pembaruan selesai. Apabila proses pembaruan sudah selesai, pembaca akan mendapatkan notifikasi pada Odin. Dengan demikian, smartphone akan secara otomatis melakukan restart. Jika hp sudah menyala lagi, artinya ponsel sudah dapat digunakan dengan firmware terupdate.

Mudah, bukan? Pastikan untuk mempersiapkan file firmware sesuai tipe hp sebelum melakukan cara upgrade firmware Samsung Galaxy Tab A8 versi 2022 di atas. Perhatikan kode file agar dapat memperbarui firmware dengan versi yang terbaru.

By Wingki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *