Sebuah tulisan terdiri dari beberapa bagian dengan format yang berbeda. Hal ini diatur sedemikian rupa agar Anda bisa membedakannya dengan mudah. Selain itu, Anda juga perlu menghapus halaman kosong di Word agar tampilan lebih rapi.

Semisal, teks yang menggunakan rata tengah biasanya digunakan pada bagian judul. Ketika melihat tulisan sejajar ke tengah, Anda sudah tahu bahwa bagian tersebut adalah judul. Jadi, dari perataan ini, Anda bisa mengetahui bagian-bagian dalam sebuah dokumen.

Di Microsoft Word, masalah perataan posisi teks diatur dengan empat fungsi berikut: rata kiri (align text left), rata kanan (align text right), tengah (center), dan kanan-kiri (justify).

Nah, di bawah ini cara mengatur tulisan rata kiri, kanan, tengah, dan justify di Word.

Cara Mengatur Tulisan Rata Kiri, Kanan, Tengah, dan Justify di Word untuk Pemula

Dalam mengatur perataan paragraf di software Word ini bisa melalui dua cara, yaitu dengan menggunakan ikon dan menggunakan shortcut. Ikon merupakan simbol bergambar, sedangkan shortcut merupakan kombinasi tombol keyboard. Ikuti cara-cara berikut untuk mengatur perataan di Ms. Word.

1. Meratakan Teks ke Kiri atau Kanan

Dalam aplikasi Word, tulisan rata kiri (align text left) biasanya sudah diatur secara default. Ikuti langkah ini untuk mengubahnya menjadi rata kanan (align text right):

  • Blok terlebih dahulu semua bagian tulisan yang akan diratakan.
  • Cari ikon bergambar kumpulan baris pada bagian Paragraf di menu Beranda.
  • Pilih salah satu yang rata bagian kanannya.
  • Jika ingin mengubahnya seperti semula, pilih ikon baris yang rata pada bagian kirinya.

Untuk mempersingkat pengerjaan tulisan, gunakan shortcut setelah mengeblok teks: tombol CTRL + L untuk rata kanan, atau CTRL + R untuk mengembalikannya menjadi rata kiri seperti semula.

2. Meratakan Teks ke Tengah

Rata tengah (center) biasanya digunakan untuk membuat judul dokumen. Berikut cara membuat tulisan berada di tengah halaman:

  • Seleksi teks yang akan diedit menjadi rata tengah.
  • Pilih menu Beranda di bagian atas dokumen, lalu ke bagian Paragraf.
  • Pilih ikon bergambar kumpulan garis horizontal yang rata di bagian tengahnya.
  • Tulisan menjadi rata tengah.

Gunakan kombinasi tombol keyboard berikut sebagai alternatif: klik CTRL + E setelah mengeblok tulisan yang akan diratakan ke tengah.

3. Meratakan Sisi Kanan dan Kiri Teks

Tulisan rata kiri tidak cukup untuk membuat tulisan menjadi rapi. Setiap barisnya memiliki jarak yang berbeda-beda dengan margin di sisi kanan sehingga tidak enak dipandang. Untuk membuat sisi kanan dan kirinya rata, lakukan cara mudah berikut:

  • Seleksi teks yang akan disamaratakan kedua sisinya.
  • Pilih ikon Justify pada bagian Paragraf di menu Beranda, atau tekan tombol CTRL + J secara bersamaan.
  • Teks berubah menjadi rata kanan-kiri.

Lakukan ketiga cara mengatur tulisan rata kiri, kanan, tengah, dan justify di Word yang sudah dijelaskan di atas agar dokumen yang Anda buat terlihat lebih rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *