Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2007

Daftar isi merupakan salah satu bagian yang cukup penting dari sebuah buku atapun laporan apa saja yang sifatnya resmi. Tujuan adanya daftar isi sendiri adalah agar lebih mempermudah pembaca dalam melihat keseluruhan isi dari buku yang hendak dibacanya.

Untuk pembuatan daftar isi sendiri bisa dikatakan gampang-gampang susah, sangat gampang untuk orang yang sudah terbiasa, namun akan terasa sulit untuk orang yang baru belajar tentang Ms. Word. Banyak orang membuat daftar isi secara manual, dan pastinya hal ini sangat ribet karena harus melakukannya secara berulang-ulang.

Nah, untuk anda yang ingin membuat daftar isi namun ingin cara termudah tanpa harus ribet, maka artikel ini cocok untuk anda, karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips tentang cara membuat daftar isi otomatis di Word yang mungkin saja belum anda ketahui.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2007

Membuat Heading dan Sub Heading

Sebelum anda masuk pada pengaturan lebih lanjut, sebaiknya terlebih dahulu anda membuat heading dan sub heading pada lembar kerja anda. Tujuan dibuatnya heading dan sub heading ini adalah untuk menentukan perbedaan antara judul dan sub judul. Dan pastinya dengan menggunakan cara ini agar lebih mudah untuk dibaca.

Anda bisa memberi heading pada judul dalam satu pembahasan dan memberi subheading untuk pembahasan yang lebih mendetail.

Membuat Daftar Isi Otomatis

Pertama, silahkan anda buka aplikasi Ms. Word 2007. Setelah itu silahkan anda buka dokumen yang sebelumnya sudah anda simpan dengan nama daftar isi yang didalamnya sudah anda isi dengan heading dan subheading tadi.

Kedua, silahkan anda klik pada bagian yang kosong, kemudian pada bagian Menu silahkan anda pilih References dan pilih Table Of Contens. Silahkan pilih jenis tabel yang ingin anda gunakan. Dengan begitu secara otomatis daftar isi terbuat, dan heading atau sub heading yang anda buat juga secara otomatis masuk pada daftar isi tersebut.

Cara Merapikan Daftar Isi Otomatis

Setelah anda berhasil membuat daftar isi otomatis, langkah selanjutnya adalah silahkan anda merapikannya. Anda bisa merapikan sesuai dengan kebutuhan anda. Bagian-bagian terpenting yang perlu anda rapikan diantaranya adalah seperti mengganti judul daftar isi, mengatur posisi dan juga ukurannya.

Cara Membuat Titik-Titik Pada Daftar Isi

Titik-titik pada daftar isi bisa saja dibuat secara manual, namun tentu saja hal tersebut tampak ribet sekali. Namun anda tidak perlu merasa kuatir, karena anda bisa melakukannya secara otomatis dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Silahkan anda buat halaman kosong kemudian anda pilih menu References, lalu pilih Table of Contens dan pilih Manual Table. Maka secara otomatis Table of Contens akan terbuat lengkap dengan titik-titik. Anda bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan anda.

Itulah cara membuat daftar isi otomatis di Ms. Word yang mungkin bisa langsung anda praktekkan sendiri. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih

By Nie Na

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *