Suara kacer betina merupakan suara yang paling merdu dan lantang dibandingkan dengan yang jantan. Sehingga seringkali menjadi harapan bagi perawatnya untuk memenangkan lomba kicau burung.

Namun, sayangnya kicauan kacer yang merdu itu tidak mudah untuk dihasilkan. Oleh karena  adanya beberapa keadaan sering burung kacer betina tidak menghasilkan suara yang merdu. 

Nah, jika demikian, apa yang harus dilakukan? Tenang, tentu saja ada solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Karenanya, Anda dapat membaca ulasannya di bawah ini seperti yang dikutip dari kacer.co.id.

Cara Mengatasi Burung Kacer Tidak Mau Berkicau

Burung Kacer yang tidak mau berkicau memang sering menjadi sumber kegelisahan para pecintanya. Sebab, bisa jadi sedang menggambarkan keadaan kesehatan burung tersebut. 

Oleh karena itu, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut di bawah ini, agar kicauannya terdengar lagi.

Berikanlah Makanan Alaminya

Salah satu penyebab mengapa burung kacer tidak mau berbunyi adalah karena tidak memiliki tenaga yang cukup berkicau. Oleh karenanya, Anda dapat memberikan pakan alaminya dengan dosis yang cukup. 

Pilihannya adalah jangkrik atau belalang. Karena keduanya adalah serangga yang menjadi makanan kesukaan kacer di habitat aslinya. Tentu saja pemberiannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan sang burung.

Berikanlah 4-5 ekor jangkrik atau belalang dalam sekali makan. Selang-seling dengan pakan yang lain. Setelahnya, Anda dapat membantunya berkicau dengan memperdengarkan audio kicau burung.

Hindarkanlah Dari Stress

Stress juga merupakan salah satu penyebab mengapa burung kacer tidak mau berkicau. Bisa Jadi karena perubahan cuaca, tidak merasa nyaman, atau karena berpindah lokasi. 

Oleh karena itu, Anda dapat memberikan kenyamanan tambahan agar burung kacer lepas dari stress. Caranya adalah dengan memberikan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian.

Bebaskan Burung Kacer Menderita Penyakit

Sakit juga menjadi salah satu penyebab mengapa burung kacer Anda tidak mau berkicau. Selayaknya menderita penyakit, bisa jadi burung mengalami dehidrasi dan sebagainya. 

Untuk memastikannya, Anda dapat melihat tanda-tanda yang lain, yaitu bulunya lemas dan rontok, serta tidak nafsu makan. Jika ini terjadi, maka sebaiknya lakukanlah pengobatan sesuai dengan gejala yang diperlihatkan.

Jangan Sampai Mengalami Serak pada Tenggorokan

Burung kacer juga dapat mengalami gangguan yang mengakibatkan serak pada tenggorokan Hal ini tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan sehingga burung tidak mau berkicau,

Karenanya, Anda dapat melakukan pengobatan yang sesuai dengan gejala fisiknya. Tambahkan dengan memperdengarkan berbagai audio yang dapat merangsang agar kacer mau berkicau. 

Sebab, jika fisiknya sudah sehat, maka umumnya burung kacer akan belajar lagi berkicau seperti awal. Untuk membiasakan, maka Anda dapat memperdengarkan suara tersebut.

Setelah mengetahui beberapa cara untuk mengatasinya, lakukanlah dengan konsisten. Maka, lama kelamaan suara burung kacer yang merdu tersebut akan  menghiasi rumah Anda lagi. 

By Wingki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *