Masak kerang harus dilakukan dengan benar, bersih dan teliti. Mengapa demikian? Karena kerang adalah jenis seafood yang cukup sulit untuk diolah. Apalagi, cangkangnya memang butuh disikat agar benar-benar bersih ketika diolah. Lalu, bagaimana resep masakan dari bahan kerang yang enak dan bernutrisi? Inilah beberapa pilihannya.

  1. Kerang Dara Pedas

Resep yang pertama yaitu kerang dara pedas. Kerang dibersihkan terlebih dahulu, kemudian direbus dengan bahan santan, daun bawang yang diiris, tomat, garam secukupnya, gula pasir, dan jangan lupa cabai rawit yang telah diiris. Kemudian, tambahkan air, saus tiram, dan juga bawang putih yang diiris tipis serta bawang merah yang telah diiris tipis pula.

Sebaiknya rebus dulu kerang sebelum dicampur dengan bumbu. Jadi, saat direbus bersama bumbu, maka rasanya akan bisa semakin merasuk ke dalam daging karena teksturnya sudah empuk dan bau amisnya pun hilang.

  1. Oseng Kerang Dara

Berikutnya yaitu masakan dengan nama oseng kerang dara yang cenderung kering dan tidak berkuah. Bahan yang dibutuhkan antara lain bawang bombay yang diiris tipis, gula pasir, margarin, saus cabai, saus tiram, kecap asin, cabai rawit, bawang putih, dan juga cabai keriting. Rasanya sangat enak dan bau amisnya pun akan dapat hilang dengan mudah.

Untuk memasak oseng sangatlah mudah. Karena Anda tidak membutuhkan waktu masak yang lama. Selain itu, bahannya pun sangat harum dan menyebabkan bumbu dapat merasuk secara sempurna. Pastikan untuk menggunakan kerang rebus, karena proses menumis tidak akan memakan waktu lama sehingga kerang harus sudah matang dan empuk terlebih dahulu.

  1. Kerang Dara Saus Padang

Selanjutnya, Anda bisa masak kerang dara saus padang dengan bahan sederhana. Misalnya seperti – 1 kg kerang dara, cuci bersih bawang bombay yang dicincang, jahe parut, daun jeruk, daun salam, saus sambal, saus tiram, saus tomat, bawang putih yang diincang, cabai rawit yang diiris tipis, air secukupnya, serta garam dan gula secukupnya.

  1. Kerang Dara Saus Tiram

Yang paling mudah adalah membuat kerang dara saus tiram dengan bahan sederhana. Contohnya  kerang dara, jahe yang didigeprek, kaldu jamur  dan juga garam secukupnya, serai yang digeprek, dan juga air secukupnya untuk rebusan.

  1. Kerang Dara Saus Lada Hitam

Lalu, Anda juga bisa membuat masakan seafood pedas bernama kerang dara saus lada hitam. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bumbu rebus berupa daun jeruk purut, jahe geprek, serai geprek, garam, bawang putih, dan juga air untuk merebus secukupnya.

Untuk membuat kerang dara saus lada hitam dibutuhkan pula bumbu halus. Misalnya seperti bawang puti dan juga bawang merah. Lalu, ada juga bumbu tumis antara lain lada hitam bubuk, saus tiram, kecap manis, saus lada hitam, jahe geprek, bawang bombay ukuran kecil, cabai merah atau cabaik hijau besar, serta air secukupnya. Jangan lupa tambahkan arutan maizena, daun bawang, daun jeruk purut,  garam, dan juga gula pasir.

Pastikan sebelum masak kerang, Anda menumis terlebih dahulu semua bumbu yang diperlukan. Kemudian, rebus dulu kerang sampai matang. Baru setelah itu masak bumbu yang sudah matang dengan api kecil agar kerangnya bisa matang dan tidak amis. Pastikan menggunakan bahan jahe sebagai penghilang bau dan rasa amis yang ada di dalam badan kerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *