Anda pasti tidak asing lagi dengan yang namanya marching band atau seringkali dikenal dengan drumband. Saat Anda melihat drumband pasti Anda melihat ada personil yang sedikit berbeda dengan yang lain yakni mayoret. Seringkali baju mayoret drumband memiliki model baju yang berbeda dari personil lainnya. Drumband pada umumnya memiliki 20 hingga 40 personil bahkan lebih. Para pemain alat dan penari biasanya memiliki model baju yang sama tetapi dengan bahan yang berbeda. Seragam penari seringkali menggunakan jenis bahan yang “jatuh” agar terlihat cantik saat menari untuk  bahan kostum penari biasanya menggunakan drill dan tesa.

Mayoret merupakan orang yang memimpin sebuah drumband dan melakukan beberapa aksi. Selain itu mayoret juga bertugas mengatur formasi barisan supaya rapi dan menarik dimata penonton.  Oleh karena itu, baju mayoret drumband hendaklah didesain sedemikian rupa agar terlihat cantik. Seragam mayoret pada umumnya terdiri dari topi bulu, baju, celana atau rok, sepatu dan tidak lupa tongkat atau batonnya. Saat mendesain seragam sebaiknya pilih bahan yang nyaman dikenakan. Karena seorang mayoret bertugas memberikan aba-aba bahkan melakukan atraksi, yang mana berarti bahwa mayoret akan lebih banyak bergerak, jadi pilihlah juga bahan seragam yang dapat menyerap keringat. 

Seragam mayoret biasanya menggunakan bahan jenis kain American drill, Japan Drill, serta hi-soffy Drill.  Kesesuaian warna juga harus disesuaikan antara topi, rok, dan sepatu. Jangan sampai warna yang dipilih tidak sesuai dengan satu yang lainnya. Anda bisa menambahkan ornamen-ornamen tambahan pada seragam berupa bulu atau yang lainnya agar makin memperindah dan menambah kesan elegan pada seragam mayoret. Tidak hanya itu sepatu juga merupakan bagian yang penting. Jangan menggunakan hak yang terlalu tinggi pada sepatu karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada mayoret yang mengenakan sepatu tersebut. 

Walaupun terlihat seragam mayoret berbeda dan terkesan lebih mewah serta elegan dari seragam personil lainnya, bukan berarti seragam mayoret harus sangat berbeda. Tetap harus ada kedinamisan seragam antar mayoret dan personil agar tidak terlihat timpang saat pertunjukan. Sekarang banyak sekali produsen yang menyediakan seragam mayoret. Anda bisa meminta agar didesainkan atau Anda juga bisa mendesain sendiri baju mayoret drumband sesuai dengan selera Anda. Dan yang tidak kalah pentingnya ketika memilih desain seragam pilihlah desain yang nyaman agar tidak mengganggu pergerakan ketikan digunakan untuk atraksi di depan umum. semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Untuk Anda yang masih bingung mencari seragam drumband dan perlengkapan drumband tidak ada salahnya anda berkunjung ke toko yang jual drumband terlengkap dikota anda. Biasanya toko drumband selain jual alat drumband juga menyediakan seragam drumband, mulai dari seragam mayoret, seragam pasukan, seragam penari, hingga sampai seragam mascot. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *