Cara Membuat Kelas Belajar Online yang Interaktif di Masa Pandemi

Berdasarkan sebuah riset menunjukkan jika sebenarnya seorang pelajar baik itu siswa maupun mahasiswa bisa belajar lebih baik jika mereka terlibat secara langsung atau aktif jika dibandingkan hanya duduk manis dan mendengarkan penjelasan dari pengajar.

Akan tetapi sayangnya dengan adanya pandemi corona virus yang terjadi pada saat ini menjadikan kita semua mau tidak mau harus belajar secara daring tanpa bertatap muka secara langsung. Hal tersebut pastilah tidak mudah, banyak sekali kendala yang dirasakan baik itu untuk pelajar maupun pengajar, seperti sulit memahami materi pelajaran, sinyal yang terkadang lemah dan lain sebagainya.

Untuk tetap semangat dalam belajar pada masa pandemi seperti pada saat ini, pastinya kita semua harus pandai-pandai untuk memutar otak agar kegiatan belajar mengajar tetap terus berjalan tanpa ada hambatan salah satunya adalah dengan membuat kelas belajar lebih interaktif. Lantas bagaimanakah caranya? berikut ini akan kami berikan tips-tipsnya untuk anda semua.

Cara Membuat Kelas Belajar Online Lebih Menyenangkan

Memperkuat Interaksi Antara Pelajar dan Pengajar

Pada saat pelajar dan pengajar terpisahkan dengan jarak, maka menciptakan suatu hubungan diatantara keduanya sangatlah penting.

Tidak ada salahnya untuk bertanya kabar satu dengan yang lainnya sambil menunggu kelas daring dimulai. Selanjutnya juga bisa memperkenalkan mata pelajaran dan juga persyaratan dari mata pelajaran yang akan mereka ikuti. Interaksi yang dilakukan pada awal pelajaran bisa menjadikan pelajar merasa lebih nyaman dengan menggunakan model pembelajaran daring. Mereka juga tidak akan merasa sungkan untuk bertanya selama proses belajar mengajar.

Pastikan pengajar lebih mengoptimalkan cara komunikasi, seperti memastikan bahwa suara, pencahayaan dan juga video mempunyai kualitas yang tinggi.

Merencanakan Kuis Interaktif Yang Bisa Dijawab Secara Real Time

Sebuah tanggapan dari pelajar sangat membantu pelajar untuk memahami sejauh mana mereka memahami suatu materi pelajaran. Dengan adanya tanggapan tersebut memungkinkan untuk menyeimbangkan materi selanjutnya, sehingga pelajar tetap bersemangat ketika proses belajar mengajar berlangsung.

Selain itu pelajar juga merasa senang dengan adanya tanggapan-tanggapan secara real time dari teman-temannya. Dalam hal ini pengajar bisa memanfaatkan sebuah layanan interaktif seperti kahoot!, Mentimer dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Interaksi Antar Siswa

Selain langkah diatas, cara membuat kelas belajar online yang interaktif selanjutnya adalah dengan memanfaatkan interaksi antar siswa. Disini hal yang paling terpenting adalah membuat belajar siswa terasa nyaman dengan memberikan pertanyaan serta berkontribusi secara langsung dengan kelompoknya.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membagi pelajar menjadi kelompok kecil dan mereka harus harus bisa bekerjasama untuk memecahkan setiap permasalahan yang diberikan oleh pengajar.

Nah, itulah beberapa cara membuat kelas belajar online yang interaktif dan tidak membosankan. Sebenarnya masih banyak hal-hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk menciptakan suasanya belajar lebih menyenangkan.

Untuk anda seorang pengajar yang membutuhkan kunci jawaban tematik. Anda bisa mendapatkannya disini.

By Nie Na

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *