Yuri dan Valentina, Manusia Pertama Diluar Angkasa

Yuri dan Valentina, Manusia Pertama Diluar Angkasa – Menjangkau luar angkasa bukanlah perkara yang sangat mudah untuk dilakukan. Memerlukan beberapa persiapan dan perlatan khusus serta orang ahli dalam mewujudkan misi yang dilakukan ke luar angkasa. Pada awalnya tak ada yang berpikir untuk bisa mencapai atau menginjakkan kaki di luar angkasa. Namun, siapa sangka berkat izin dari Tuhan yang maha kuasa yang memberikan kepintaran pada makhluknya akhirnya bisa juga manusia pertama di luar angkasa yang berhasil menjajalkan mimpi dan misinya. Ingin tahu profil lebih lengkap mengenai manusia pertama di luar angkasa tersebut? Berikut pemaparannya.

Profil Manusia Pertama di Luar Angkasa

Yuri Alekseyevich Gagarin adalah sosok manusia pertama yang berhasil terbang ke luar angkasa selama 1 jam 48 menit pada tanggal 12 April 1961. Dia adalah warga Rusia yang lahir pada 9 maret tahun 1934. Yuri berasal dari keluarga sederhana, ayahnya adalah seorang tukang kayu yang pernah bergabung dalam barisan angkatan bersenjata di Rusia.

antariksa

Manusia Pertama Diluar Angkasa

Selepas menyelesaikan SMA, Yuri mengambil sekolah kejuruan konsentrasi dibidang teknik kemudian melanjutkan di bidang sekolah penerbangan. Setelah selesai dari sekolah penerbangan tersebut Yuri tertarik untuk mengikuti sekolah angkatan udara di Soviet. Berselang 3 tahun tepatnya tahun 1960 Yuri lulus dari sekolah tersebut kemudian bergabung dengan korps kosmonot.

Saat bergabung dengan korps kosmonot itulah Yuri ditawarin untuk menjalankan sebuah misi ke luar angkasa menggunakan pesawat roket Vostok 1. Pulang dari luar angkasa pun Yuri diberikan anugerah sebagai Hero of the Soviet Union dan selain banyak menerima penghargaan lainnya dari Uni Soviet maupun dunia internasional.

Profil Wanita Pertama Ke Luar Angkasa

Selain Yuri ada pula seorang wanita yang pernah menjajakan dirinya ke luar angkasa. Wanita tersebut bernama Valentina Kareskhova asal Uni Soviet. Sebelum bergabung di cosmonaut corps dia bekerja sebagai buruh pabrik tekstil.

Dalam menjalankan misinya ke luar angkasa Valentina dilantik oleh angkatan udara dan berikan tes selama tiga hari untuk mempersiapkan dirinya menjadi seorang astronot wanita pertama keluar angkasa dengan menggunakan pesawat jet Vostok 6.  Dia berhasil terbang keluar angkasa dengan waktu 2 hari 22 jam.

Saat kembali ke bumi dia pun mendapatkan sejumlah pengharagaan waalupun saat itu cosmonaut corps terancam dibubarkan dengan alasan tidak jelas. Walaupun dibubarkan Valentina ditunjuk warga sekitar untuk memimpin partai komunis di uni soviet dan dia dianggap sebagai wanita hero pertama di Uni Soviet.

Itulah profil dari manusia pertama di luar angkasa yang diwakili oleh Yuri dan Valentina asal Uni Soviet. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Yuri dan Valentina, Manusia Pertama Diluar Angkasa | Sundus Afifah | 4.5