Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2016

Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2016 – Bukan hanya di luar negeri, Indonesia juga punya banyak universitas yang bagus. Beberapa diantaranya adalah universitas terbaik. Apa saja universitas terbaik di Indonesia? Artikel ini akan membahasnya.

Peringkat Universitas Indonesia Terbaik

Pada tahun 2016 ini telah dilakukan riset oleh Quacquarelli Symonds. Ada empat buah perguruan tinggi yang menjadi empat universitas terbaik dari riset 11 universitas terbaik di Indonesia. Satu hal yang unik dan mengejutkan adalah kalahnya Universitas Brawijaya Malang dari Universitas Muhammadiyah Surakarta.

universitas-terbaik-di-indonesia

Universitas Terbaik di Indonesia

Quacquarelli Symonds merupakan lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia. Penentuan 11 universitas terbaik di Indonesia didasarkan kepada peringkatnya pada tingkat Asia.

Secara berturut-turut ada 11 perguruan tinggi Indonesia paling bagus antara lain UI, ITB, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, IPB, Universitas Diponegorom Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Surakarta serta Universitas Bina Nusantara.

Berikut ini nama-nama universitas Indonesia beserta urutan peringkatnya pada ranking Asia 2016.

  • Universitas Indonesia peringkat 67.
  • ITB peringkat 86.
  • Universitas Gadjah Mada peringkat 105.
  • Universitas Airlangga peringkat 190.
  • IPB peringkat 191.
  • Universitas Padjajaran peringkat 199.
  • Universitas Diponegoro peringkat 231-240.
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember peringkat 251-300 begitu juga dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  • Universitas Brawijaya dan Universitas Bina Nusantara peringkat 301-350.

Peringkat dari 3 perguruan tinggi, yaitu ITB, UI, dan UGM meningkat sangat tajam. Peringkat dari UI meningkat dari peringkat 79 tahun 2015 lalu. Sementara ITB dari 122 ke 86, serta UGM naik 2 peringkat dari 137 ke 135.

Kemudian ada juga IPB yang lompat dari posisi 211-220 menjadi 190 serta Undip dari 261-270 menjadi peringkat 231-240. Sementara Universitas Padjajaran menurun sangat drastis dari peringkat ke-168 menjadi ke-199.

Penetapan peringkat tersebut berdasarkan kepada hasil riset memakai sembilan buah indikator untuk menyusun 350 peringkat berbagai universitas di Asia pada tahun 2016 ini.

Yaitu dengan menggunakan reputasi akademis, reputasi karyawan, rasio mahasiswa/fakultas, penghargaan hasil riset, jumlah riset ilmiah per fakultas, proporsi mahasiswa internasional dan fakultas internasional, proporsi pertukaran mahasiswa ke luar negeri, juga proporsi penerimaan pertukaran mahasiswa yang berasal dari luar negeri.

Dari 9 indikator tersebut lah 350 universitas Asia mendapatkan peringkatnya. Dibanding tahun lalu, tahun ini jumlah universitasnya bertambah sebanyak 50 universitas.

Ternyata, dari banyaknya universitas di Indonesia hanya ada 11 universitas yang memenuhi semua indikator tersebut. Jadi bisa dibilang ke-11 perguruan tinggi itu adalah universitas terbaik di Indonesia.

Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2016 | Khisma Nisa Yuniar | 4.5