Tsunami Terdahsyat di Dunia Paling Banyak Korban

Tsunami Terdahsyat di Dunia Paling Banyak Korban – Bencana Tsunami yang kita ketahui beberapa tahun kebelakang masih menyisakan duka yang sangat dalam bagi korban yang masih hidup ataupun keluarga korban yang ditinggalkan. Tsunami sendiri jika diterjmahkan ke dalam bahasa memiliki arti ombak besar di pelabuhan. Masih banyak negara-negara yang rawan tsunami takut akan bencana ini, Termasuk di Indonesia yang pernah terkena tsunami dengan menewaskan lebih dari 1000 orang penduduk yang ada di Aceh. selain Indonesia ada pula negara-negara lain yang terkena tsunami terdahsyat di dunia. Dan berikut pemaparannya!

Daftar Negara-negara yang Mengalami Tsunami Terdahsyat di Dunia

  1. Tsunami Jepang

Di Bulan Maret tahun 1933 merupakan hari yang paling bersejarah untuk negara Jepang. Pada tahun tersebut Jepang mengalami bencana alam gempa 8,3 SR diikuti gelombang tsunami dahsyat sampai memakan korban kurang lebih 3.000 orang.

Titik gempa itu terjadi dimuali dari Pulau Honshu tepatnya di Sanriku. Selain banyaknya memakan korban. Bangunan yang ada di Jepang banyak yang rusak dan rata dengan sapuan tsunami yang begitu dahsyatnya.

TSUNAMI 2

Tsunami Terdahsyat di Dunia

  1. Tsunami Uni Soviet

Selain Jepang Uni Soviet pun pernah “disinggahi” gelombang dahsyat pada bulan November tahun 1952. Sekitar 2,300 penduduk setempat pun kehilangan nyawanya karena gelombang tsunami tersebut yang memancarkan kekuatan 9,0 SR di sekitar Semenanjung Kamchatka.

Advertisement
  1. Tsunami Cile

Jika Jepang dan Uni Soviet harus kehilangan penduduknya sekitar 1.000- 3.000 orang, lain halnya lagi dengan Negara Cile yang harus kehilangan penduduknya sekitar 5.000 orang akibat gelombang tsunami. Padahal gelombang tsunami yang dipancarkan di negara ini hanya sekita 7,9 SR.

Pada saat itu diseluruh wilayah Kota Pegadian dan Moro hancur tak bersisa hanya puing-puing bangunan saja yang tersisa di kota tersebut. Tak lama dari kejaidan tsunami tersebut terjadi gempa susulan berkekuatan 9,5 SR di negara kawasan laut pasifik seperti Jepang dan Filipina .

  1. Tsunami Flores Indonesia

Tahun 1992 pulau Flores di Indonesia pernah terjadi bencana tsunami dengan kekuatan 7,5 SR. Gempa tersebut menghancurkan tempat indah, sekolah, dan juga rumah penduduk sekitar. Korban yang ditimbulkan dalam peristiwa ini sekitar 2.100 orang dan yang selamat sekitar 5.000 orang, mereka pun harus mengungsi ke tempat lain karena peristiwa dahsyat ini.

tsunami

  1. Tsunami Aceh

Bulan Desember tahun 2004, mungin masih ingat dalam benak kita telah terjadi benacan tsunami yang dahsyat di Indonesia yang menyebabkan daerah tersebut rata dengan sapuan ombak tsunami. Kurang lebih 250.000 penduduk yang ada di Aceh pun meninggal dunia.

Tak hanya Aceh yang berduka seluruh daerah yang ada di Indonesia pun merasakan hal yang sama akan kejadian tersebut mereka larut dalam kesedihan yang sangat dalam. Saat itu Aceh seperti kota mati tak ada penerangan, dingin, dan sepi sebelum ada bantuan dari luar negeri dan pemerintah pusat.

Rupanya tak hanya dirasakan di Aceh saja. Negara-negara tetangga seperti Thailand, India, Sri lanka, Malaysia, dan negeri lainnya pun mengalami bencana tersebut tetapi tidak separah yang ada di Aceh.

Itulah informasi tsunami terdahsyat di dunia yang paling banyak memakan korban semoga bisa dijadikan pelajaran untuk siapapun dan tetap waspada.

Incoming search terms:

  • tsunami terdahsyat di dunia
  • tsunami terbesar di dunia
  • tsunami dengan korban yang paling banyak terjadi di
  • tsunami terbesar di dunia yang banyak memakan korban
Tsunami Terdahsyat di Dunia Paling Banyak Korban | Sundus Afifah | 4.5