Tips Liburan Hemat Tapi Tetap Menyenangkan

Tips Liburan Hemat Tapi Tetap Menyenangkan – Waktu berlibur adalah waktu yang paling ditunggu semua orang. Agar liburan jadi menyenangkan, banyak orang yang berpikir bahwa mereka harus mengeluarkan uang yang banyak. Padahal tidak perlu, dengan tips liburan hemat saja Anda bisa tetap merasakan kesenangan ketika berlibur.

Agar liburan menyenangkan, tidak usah pergi ke luar negeri atau mengeluarkan uang yang banyak. Lokasi unuk berlibur di sini saja ada banyak. Bagaimanakah tips liburan hemat tapi tetap menyenangkan?

tips-liburan-hemat

Tips Liburan Hemat

  • Survei Lokasi

Sebelum benar-benar pergi berlibur, Anda harus menentukan dulu tujuan liburan Anda. Kemudian pastikan bahwa tempat tersebut cocok dengan ekspektasi Anda. Lakukan survei dengan melihat internet, brosur travel agan, atau buku-buku wisata.

Lalu Anda juga bisa menghitung kisaran uang yang Anda butuhkan. Siapa tahu nanti Anda juga bisa mendapatkan diskon atau promosi sehingga bisa lebih hemat.

Advertisement
  • Lakukan pemesanan jauh-jauh hari

Setelah selesai melakukan survei, Anda harus memesan tiket transportasinya, serta tiket penginapan serta tempat wisata. Jika Anda memesan tiket-tiket tersebut maka lebih baik lakukan lama sebelum hari H. Oleh karena biasanya, Anda bisa dapat harga spesial sehingga lebih murah.

  • Pergi bukan musim liburan

Tips liburan hemat selanjutnya adalah tentukan waktu pergi.  Hampir semua tempat wisata, ketika musim liburan atau high season datang maka biasanya harganya lebih mahal. Jika Anda ingin berhemat maka lebih baik jangan pergi saat musim liburan.

  • Utamakan kenyamanan

Jika ingin berhemat Anda harus melupakan liburan mewah. Namun, jangan karena ingin berhemat sampai membuat liburan Anda jadi tidak nyaman. Maka langkah selanjutnya adalah dengan mengutamakan kenyamanan Anda. Asalkan semuanya nyaman, pasti Anda akan merasa senang.

  • Membawa uang tunai

Selama Anda berlibur maka harus selalu membawa uang tunai. Bukan untuk berfoya-foya tapi supaya Anda bisa lebih mengatur pengeluaran selama liburan. Jika membawa uang tunai, Anda jadi bisa tahu berapa uang yang masih tersisa. Sehingga, jika ingin mengeluarkan uang, Anda bisa berpikir dulu.

  • Catat pengeluaran saat liburan

Sekecil apapun pengeluaran yang Anda lakukan, selalu catat. Hal tersebut bisa membantu Anda dalam mengatur serta tahu kemana uangnya mengalir.

  • Belanja

Setiap pergi ke tempat liburan tentu Anda akan membeli beberapa oleh-oleh. Boleh saja, tapi jangan membuat belanja sebagai prioritas utama Anda. Ingat niat untuk berhemat Anda.

Itu dia berbagai tips liburan hemat tapi tetap bisa membuat liburan Anda jadi lebih menyenangkan.

Tips Liburan Hemat Tapi Tetap Menyenangkan | Khisma Nisa Yuniar | 4.5