Sungai Terpanjang dan Terluas di Dunia Saat Ini

Sungai Terpanjang dan Terluas di Dunia Saat Ini – Sungai adalah tempat dimana aor mengalir dari hulu ke hilir.  Selain sebagai tempat untuk mengalirnya air, air sungai ini juga selalu dimanfaatkan oleh beberapa orang seperti untuk pengairan sawah.  Fungsi lain dari air sungai untuk beberpa orang adalah biasa digunakan untuk mencuci pakaian.  Tapi kali ini kita disini tidak akan membahas fungsi-fungsi sungai, melainkan kita dsini akan membahas sungai-sungai terpanjang di dunia.  Berikut ini adalah beberapa sungai terpanjang di dunia.

  1. Sungai Ob –Irtysh

Sungai ob river

Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Ob ini melintasi 2 benua yaitu Eropa dan Asia.  Sungai yang juga merupakan sungai di Siberia bagian barat, Rusia.  Sungai yang merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia ini memiliki panjang 2.962 km.  Sungai ini bermuara disebuah kota bernama Biysk, Barnaul, Novosibirsk, Nizhnevartosk dan Surgut.  Sungai ini membeku apabila dalam musim dingin yaitu sekitar bulan November sampai April.

  1. Sungai Kuning / Huang Ho

sungai kuning

Sungai selnjutnya yng merupakan sungai terpanjang di dunia terdapat di china.  Sungai yang merupakan sungai utama bagi masyarakat China ini menjadi pusat kebudayaan China yang sama dengan sungai terpnajang lainnya bernama sungai Yangtze dibagian selatan.  Sungai ini mempunyai panjang 5.464 km.

  1. Sungai Yensei – Angara – Selenga

sungai yenisei

Berikut ini adalah salah satu sungai terpanjang di dunia. Sungai terpanjang ini terdapat di dua negara yaitu Rusia dan Mongolia.  Sungai terpanjang ini memiliki panjang 5.539 km

  1. Sungai Mississippi – Missouri

Mississippi

Berikutnya yang menjaddi sungai terpanjang di dunia terdapat di Amerika Serikat.  Sungai yang satu ini memiliki beberapa anak sungai seperti sungai Minnesota, sungai St. Croix, Sungai Wisconsin, sungai Illinois.  Sungai Missouri, sungai Ohio, sungai Arkansas.  Sungai terpanjang ini memiliki panjang 3.734 km.

  1. Sungai Yangtze/Chang Jiang

sungai-yangtze-lead-1160x543

Sungai terpanjang selanjutnya kembali terletak di negarr China.  Sungai Yangtze ini mempunyai arti sungai panjang.  Sesuai dengan namanya sungai ini memang salah satu sungai terpanjang di dunia.  Sungai ini juga menjadi batas dari kebudayaan kuno China dibagian Selatan.  Sebagai selah satu sungai terpanjang di dunia, sungai ini mempunyai panjang kurang lebih sekitar 6.300 km.

  1. Sungai Amazon

Sungai Amazon

Sungai ini memang sangat terkenal karena terdapatnya salah satu ikan berbahaya ikan piranha.  Sungai yang dalam bahasa spanyol Rio Amazonas terletak di Amerika Selatan.  Selain mempunyai panjang luar biasa sungai ini juga mempunyai lebar yang cukup besar.  Sungai yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia ini mepunyai panjang yang kurang lebih sekitar 6.400 km.

  1. Sungai Nil

nil-1

Ini dia sungai terpanjang di dunia yang berada di benua Afrika bernama Sungai Nil.  Sungai yang merupakan sungai terpanjang di dunia ini melalui  beberapa negara.  Negara-negara yang dilalui oleh sungai nil ini addalah Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan tentunya negara Mesir.  Sungai ini mempunyai sejarah yang panjang bagi peradaban masyarakat Mesir sehingga sungai ini identik dengan negara Mesir.  Selain sejarahnya yang panjang sungai ini juga mempunyai jarak aliran yang panjang yaitu sekitar 6.650 km.

Incoming search terms:

  • sungai terluas
Sungai Terpanjang dan Terluas di Dunia Saat Ini | Hamdani Supiyan | 4.5