Resep Cara Membuat Nasi Tumpeng Komplit

Semua orang sudah pasti mengenal salah satu jenis sajian makanan yang satu ini. Ya nasi tumpeng adalah salah satu makanan tradisional asli warisan nenek moyang kita. Umumnya nasi tumpeng berasal dari tanah Jawa mengingat di jawa ada banyak gunung-gunung aktif dan nasi tumpeng adalah salah satu simbol keselamatan, syukuran dan lain-lain.

Pada jaman dahulu kala, nasi tumpeng disajikan untuk upacara-upacara adat tertentu seperti misalnya seserahan untuk penghormatan kepada leluhur. Namun pada jaman sekarang ini sudah sangat jarang ditemukan untuk upacara-upacara adat yang sakral. Nasi tumpeng biasanya ada di acara-acara syukuran, ulang tahun, pernikahan dan lain sebagainya.

Saat ini sudah tersedia jasa catering yang menerima pembuatan nasi tumpeng. Sehingga anda tidak perlu repot-repot menyiapkan bahan-bahan dan waktu yang terbuang pula. Ada banyak sekali jasa-jasa atau otlet yang menerima orderan nasi tumpeng diantaranya adalah Nasi Tumpeng Jakarta Selatan di royaltumpeng.com.

Menu-Nasi-Tumpeng-RT

Tetapi bagi anda yang mau membuatnya sendiri bisa ikuti resepnya dibawah ini :

Bahan-bahan utama

  • 3 liter Beras kualitas terbaik yang sudah dicuci dan dibersihkan.
  • 250 ml santan

Bahan-bahan bumbu

  • Kunyit yang terlebih dulu dibersihkan dan diperas airnya sebanyak 1 sendok makan
  • Daun salam sebanyak 3 lembar, remas-remas hingga keluar aromanya
  • Sereh, 1 batang (sudah dimemarkan)
  • Daun pandan, 2 lembar
  • Garam secukupnya

Bahan-bahan Pelengkap

Sebagai bahan-bahan pelengkap anda bisa menambahkan telur dadar yang telah dipotong tipis-tipis, telor puyuh yang telah direbus terlebih dulu, perkedel, dendeng sapi, ayam goreng, orek tempe, sambal keripik kentang dan lain-lain.

Bahan-bahan Untuk Hiasan

Bahan-bahan untuk hiasan tumpeng anda bisa memakai tomat, mentimun, kacang panjang, wortel, cabe merah dan lain-lain. Anda bisa juga menambahkan bahan-bahan lain sesuai kreasi anda

Cara Membuat Nasi Tumpeng Komplit

  1. Pertama-tama, santan dan kunyit dipanaskan bersama sama sampai mendidih.
  2. Kemudian masukan daun salam, daun pandan dan sereh yang dimemarkan tadi. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya.
  3. Jika telah mendidih kemudian anda angkat lalu sisihkan.
  4. Selanjutnya anda siapkan sebuah panci untuk mengukus beras yang tadi sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  5. Masak sampai beras setengah matang.
  6. Jika sudah lalu masukan santan yang masih panas kedalam panci tadi yang berisi beras. Lalu aduk-aduk sampai rata. Masak sampai matang.
  7. Apabila nasi kuning telah matang, lalu angkat dan kemudian dinginkan sejenak dengan cara mengipas-ngipas. Sambil anda menunggu agak dingin. Silakan anda siapkan nampan untuk bumbu-bumbu yang telah dihias.
  8. Tuangkan nasi tumpeng. Bentuk sesuai kreasi. Bisa berbentuk mengerucut seperti pada umumnya atau pun bentuk lain sesuai cetakan. Tambahkan bahan-bahan pelengkap dan hias supaya tampilannya semakin menarik.
  9. Nasi tumpeng pun siap untuk anda sajikan

Nah bagaimana mudah bukan cara membuatnya? Tetapi apabila anda tidak mau repot bisa dengan memesan aja melalui situs royaltumpeng.com. Situs ini sudah terpercaya dan menyajikan nasi tumpeng terbaik yang sudah dipesan oleh banyak orang untuk berbagai kebutuhan.

Resep Cara Membuat Nasi Tumpeng Komplit | Makka El Fatih Setiawan | 4.5