Kisah Pengusaha Sukses di Indonesia Mulai dari Nol

Kisah Pengusaha Sukses di Indonesia Mulai dari Nol – Di dunia ini, pengusaha terdiri atas dua macam. Yaitu yang berasal dari warisan usaha orangtua dan yang memulai usaha dari nol. Tentu saja pengusaha sukses di Indonesia mulai dari nol adalah yang paling hebat. Oleh karena mereka memulai bisnis dari bukan apa-apa menjadi sukses. From zero to hero. Di Indonesia, nama-nama yang sering Anda dengar juga memulai usaha dari nol. Siapa saja mereka?

Inilah dia siapa saja sosok pengusaha sukses di Indonesia mulai dari nol yang paling dikenal. Anda bisa mencontoh kegigihan mereka dalam meraih kesuksesan.

pengusaha-sukses-di-indonesia-mulai-dari-nol

Pengusaha Indonesia Sukses dari Nol

  • Bob Sadino

Nama almarhum Bob Sadino tentu sering Anda dengar. Dia adalah pengusaha sukses yang ketika awal merintis karier merasakan kesusahan. Selama 9 tahun dia bekerja sebagai karyawan di perusahaan BUMN. Dia putuskan untuk keluar kemudian menjadi seoran pengusaha.

Usaha yang dilakukannya tidak langsung sukses. Bisnis sewa mobilnya berhenti, setelah itu dia juga terlihat kecelakaan saat mengendarai mobil Mercedes-Benz yang dia sewa. Usaha tersebut akhirnya berhenti.

Advertisement

Kemudian dia menjadi buru bangunan dengan mendapatkan upah harian. Setelah itu dia mencoba membuka peternakan ayam dengan uang modal pinjaman dari tetangganya yang seorang purnawirawan militer yang memang tertarik untuk melakukan bisnis peternakan. Dia mulai usaha untuk menjual telur ayam negeri.

Usahanya tersebut sukses dan dia mendirikan Kem-Chicks. Yaitu, supermarket yang terkenal dalam menjual berbagai produk peternakan dan pertanian.

  • Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan ini juga memulai usaha dari nol pada bidang perikanan serta penerbangan. Menjadikannya menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia mulai dari nol. Susi tidak punya pendidikan yang tinggi, dia hanya memiliki ijazah SMP. Saat SMA dia di drop out. Dibandingkan dengan bersekolah dia lebih memilih jadi pedagang pengepul ikan di wilayah Pangandaran.

Modal bisnis yang dia gunakan berasal dari hasil penjualan perhiasan miliknya. Dari tahun ke tahun bisnis perikanannya semakin maju. Akhirnya dia memberanikan diri untuk meminjam uang dari bank untuk membeli pesawat sebagai alat transportasi yang memudahkannya mengangkut produk laut miliknya.

Satu demi satu pesawat dia beli, kemudian dia membuat sebuah maskapai bernama Susi Air. Maskapai tersebut melayani carteran untuk rute daerah pedalaman.

Itu dia dua orang Pengusaha Indonesia Sukses dari Nol yang menjadi orang yang menginspirasi dan sangat sukses. Tentu mereka tidak dengan mudah mendapatkan semua itu. Usaha, kerja keras, dan doa adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan.

Kisah Pengusaha Sukses di Indonesia Mulai dari Nol | Khisma Nisa Yuniar | 4.5