9 Penemuan Mumi Paling Menghebohkan dalam Sejarah

Penemuan Mumi Paling Menghebohkan dalam Sejarah Mumi, Kamu pasti pernah mendengar istilah itu bukan? Mumi  merupakan jasad manusia yang diawetkan baik secara alamiah maupun buatan dengan tujuan agar bentuk dari jasad tersebut tetap terjaga. bentuk pengawetan secara alami biasa dilakukan dengan peletakan jasad di tempat yang kering, bertemperatur dingin, serta tempat yang tak terjamah dengan oksigen. Adapun pengawetan secara buatan bosa dilakukan dengan pengolesan salep pada jasad yang akan diawetkan seperti yang digunakan oleh Mesir Kuno untuk mengawetkan jasad raja dan para bangsawan di antara mereka.

Dari berbagai mumi yang berhasil ditemukan, ada yang diperkirakan berumur ratusan hingga ribuan tahun; ada mumi yang berupa jasad bangsawan atau raja-raja, ada juga mumi yang merupakan jasad orang biasa. Dari penemuan-penemuan mumi tersebut lah bisa diteliti bagaimana sejarah kehidupan manusia di tempat penemuan mumi tersebut. berikut ini adalah penemuan mumi paling menghebohkan dalam sejarah.

Mumi Eropa Pertama di Dunia

Advertisement

Penemuan Mumi Paling Menghebohkan

  • Mumi Hatsheput. Mumi berhasil ditemukan oleh seorang arkeolog bernam Howard Carter pada saat melakukan penggalian. Mumi diyakini sebagai jasad seorang Pharaoh (raja) mesir yang terkenal yang berhasil memimpin Mesir dua decade lamanya. Hanya saja peti yang ditemukan oleh Carter dengan nama Hatshepsut di situs Egypt’s Valley of The Kinghanya menyisakan satu potongan gigi molar.
  • Mumi King Tut atau Tutankhamen.Mumi yang satu ini yang diketahui sebagai jasad Firaun Muda ditemukan tidak lama setelah penemuan mumi menghebohkan yang pertama. Meskipun pharaoh muda ini berumur 9 tahun, namun ia telah memerintah mMesir selama 10 tahun. Saat mumi ini ditemukan di dalam peti, harta kekayaannya yang melimpah pun disertakan dalam peti. Anehnya tidak lama setelah Howard Carter menemukan peti tersebut, ia tewas karena tergigit nyamuk yang berasal dari peti tersebut. mitos yang tersebar sebelumnya semakin kukuh saja bahwa raja muda tersebut menyimpan kutukan bagi siapa saja yang membongkar kuburnya.
  • Mumi Ginger.Mumi ginger adalah penemuan mumi paling menghebohkan berikutnya. Mendapat sebutan mumi ginger karena rambut merah yang dimiliki ileh mumi tersebut. mumi ini pun dikategorikan sebagai mumi yang palinh tua berdasarkan penemuan hingga hari ini, yakni mumi yang berasal dari 3.400 tahun sebelum masehi. Mumi ini kini tersimpan di Museum British. Pengabadian penemuan itu dilakukan pada tahun 1901.
  • Mumi suku Inca. Nama lain dari mumi ini adalah The Mummy Plomo, atau dalam bahasa Spanyol “La Momia del Cerro El Plomo” yang artinya mumi yang terjaga dengan baik. mumi yang dianggap berasal dari suku inca ini ditemukan di Cerro El Plomo pada tahun 1954. Mumi ini adalah jasad seorang anak yang ditemukan dalam kondisi sangat baik.
  • Mumi tidak memiliki otak. Bagaimana tidak menghebohkan dunia ya guys. Mumi yang berhasil ditemukan pada tahun 2012 silam ini adalah mumi berupa tengkorak wanita yang dikategorikan tidak memiliki otak. Mumi ini diperkirakan sudah berusia 2.400 tahun. Adapun otak yang terdapat dalam kepala wanita tersebut dimungkinkan sudahs sengaja dikeluarkan dari kepalanya sebelum diawetkan. Pengeluaran otak merupakan prosedur pembuatan mumo yang diyakini pada 3.500 tahun silam.
  • Mumi Eropa Pertama di Dunia. Penemuan mumi ini adalah penemuan mumi yang menghebohkan sekaligus menakjubkan terkait dengan mumi yang berusia sekitar 2000 tahun ini. penemuan mumi ini terjadi pada tahun 1990-an di negeri tirai bamboo, China. Mumi ini adalah satu-satunya mumi berambut pirang dari ribuan mumi yang ditemukan. Mumi ini pun memiliki hidung yang mancung. Kuat dugaan mumi ini dulunya adalah seorang bangsa Eropa.
  • Gadis Cilik Utuh. Mumi gadis cilik utuh itu belakangan diketahui bernaman Rosalia Lonardo, seprang anak perempuan yang masih batita berasal dari Italia. Ia diketahui meninggal akibat sakit influenza yang dideranya. Ayahnya pun terpukul akan kepergiannya. Sang ayah pun  memutuskan untuk mengawetkan jasad buah hati kesayangannya yang sudah tak bernyawa itu. berkat teknik pembalsemannya, anak itu pun berhasil dimumikan dan ditemukan kembali dengan memiliki tubuh yang masih utuh. Bangkan organ tubuh gadis cilik ini pun masih dalam kategori sangat baik. mumi menghebohkan yang satu ini ditemukan di sebuah kapel yang terbungkus oleh peti mati.
  • Mumi mengenakan gaun. Penemuan memu paling menghebohkan selanjutnya adalah penemuan mumi yang menggunakan gaun. Mumi ini ditemukan oleh para arkeolog pada tahun 2010 silam. Mumi ini ditemukan di sebuah sarkofagus, yang menghebohkan ternyata mumi ini menggunakan gaun. Hanya saja ukuran jasadnya sangat kecil, hanya mencapai 97 cm saja. para peneliti masih melanjutkan penelitiannya untuk memastikan apakah mumi tersebut merupakan jasad manusia kerdil atau yang lainnya.
  • Mumi anak kecil korban ritual. Mumi yang ditemukan berikutnya ini memang cukup mencengangkan bagi poara erkeolog yang menemukan. Mengapa demikian? Karena mumi yang diperkirakan sudah mencapai usia 500 tahun ini masih dalam kondisi sangat baik. organ tubuh dalam keadaan utuh, darah pun masih terdapat di dalam paru-paru, serta bagian wajahnya yang masih terlihat sangat baik. mumi ini dipercayai sebagai jasad seorang anak yang dikuburkan di puncak gunung sebagai korban ritual kepercayaan.

Baca juga : Penemuan Arkeologi Paling Mengerikan Sejagat

Demikian ulasan mengenai beberapa penemuan mumi paling menghebohkan di dunia. Dengan berbagai keunikan yang dimiliki oleh mumi ketika ditemukan oleh arkeolog tersebut, memang mencengangkan, sehingga membuat kehebohan dunia. kita pun patut berterimakasih kepada orang-orang terdahulu yang bisa melakukan hal-hal hebat, padahal teknologi belum berkembang seperti hari ini.

9 Penemuan Mumi Paling Menghebohkan dalam Sejarah | Ira Nurhasanah | 4.5