Inilah Orang Terpintar di Dunia, Terence Tao!

Orang Terpintar di Dunia, Terence Tao – Kejeniusan seseorang bisa di ukur dengan tingkat IQ seseorang. IQ atau intelligence quotient atau kecerdasan intelektual adalah ukuran kemampuan intelektual dalam  menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berfikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa dan belajar. Kejeniusan seseorang atau kecerdasan seseorang dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagi tes IQ. Kualifikasi tingkatan IQ manusia adalah

  • 0 – 29       Idiot
  • 30 – 40     Keterbelakangan mental
  • 50 – 69      IQ sangat rendah
  • 70 – 79      Bodoh
  • 80 – 89     Lambat
  • 90 – 109   Rata – rata
  • 110 – 119   Normal Bright
  • 120 – 129  Cerdas
  • 130 – 139  Sangat Cerdas ( Superior)
  • 140 +         Jenius

Rata – rata tingkat IQ manusia adalah 90 – 109 bila ada yang memiliki nilai IQ diatas 140 maka dia biasa disebut jenius. Jadi, siapakah manusia tercedas atau jenius di Dunia saat ini?

Di dunia ini hanya ada 0.5% dari keseluruhan penduduk bumi yang memiliki tingkat IQ diatas 140. Salah satunya adalah Terence Tao yang di nobatkan sebagai orang terpintar di dunia dengan tingkat IQ 230 hingga saat ini.  Terence “Terry” Chi-Shen Tao lahir di Adelaide, Australia  tanggal 17 Juli 1975. Orangtuanya berasal dari Hongkong, ayahnya bernama Billy Tao yang berprofesi sebagai dokter anak dan ibunya Grace Tao merupakan seorang fisikawan dan matematikawan yang dulunya dalah mantan guru sekolah menengah matematika di Hongkong.

Di usia dua tahun  Tao sudah menguasai aritmatika dasar, bahasa inggris dan bisa lancar berbahasa Kanton tapi belum bisa menulis dalam bahasa Cina. Menurut penuturan ayahnya  pada usia dua tahun itu Tao berusaha mengajarkan pelajaran aritmatikan dan bahasa inggris pada anak berusia 5 tahun. Masih meurut penuturtan ayahnya kala itu dia mengenal angka dan huruf melalui acara Sesame Street.

Terrence Tao

Terance Tao memiliki kemampuan matematika yang luar biasa sejak usia dini. Dia mempelajari matematika tingkat universitas di usia Sembilan tahun. Di usia 10 tahun Tao pertama kali mengikuti Olimpiade matematika Internasional. Dia juga tercatat sebagai peserta termuda. Dia meraih medali emas pertamanya ketika hampir berusia 14 tahun dan ditahun itu pula dia menghadiri perrtemuan Science Research Institute.

Di usia 15 dia menerbitkan paper pertamanya dan menerima gelar sarjana dan master dari Flinders University di tahun berikutnya. Ketika usianya menginjak 20 tahun dia telah berhasil memperoleh gelar Ph.D. Pada Tahun 1996 dia memulai karirnya dnegan mengajar di Universitas California, Los Angeles dan di tahun 1999 dia dipromosikan menjadi professor di Universitas tersebut. Tao merupakan professor termuda yang pernah diangkat oleh Insitusi tersebut.

Sebai orang terpintar di dunia tentunya Tao telah memiliki banyak prestasi, penghargan dan hadiah. Berikut adalah prestasi, penghargaan dan hadiah yang pernah Tao terima :

  1. Tahun 2000 dia menerima hadiah Salem
  2. Tahun 2002 dia menerima Memorial Prize Bocher
  3. Tahun 2003 dia menerima Clay Research Award
  4. Tahun 2007 dia menjadi finalis untuk penghargaan Australian of the Year
  5. Tahun 2007 dia terpilih sebagai Fellow dari Royal Society Mathematics Levi L. Conant Prize
  6. Tahun 2008 dia menerima Alan T. Waterman Award
  7. Tahun 2009 dia terpilih sebagai Fellow dari American Academy of Arts dan Science
  8. Tahun 2010 dia menerima Hadiah Internasional Raja Faisal
  9. Tahun 2012 dia menerima Penghargaan Crafoord di bidang Matematika dari Royal Swedish Academy of Sciences
  10. Tahun 2012 dia menerima penghargaan dari Simon Foundation
  11. Tahun 2013 dia menerbitkan lebih dari 250 makalah penelitian dan 17 buku

Itulah beberapa penghargaan, hadiah maupun prestasi yang telah dicapai oleh Terence Tao.

Incoming search terms:

  • kisah terence tao
Inilah Orang Terpintar di Dunia, Terence Tao! | Riris Rukma | 4.5