5 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2017

Negara Terkorup di Dunia Tahun 2017 – Korupsi adalah suatu tindakan penyelewangan aset atau fasilitas negara yang dilakukan oleh para pejabat di suatu negara. Di Indonesia sendiri kata korupsi sendiri sudah tidak asing lagi karena para pejabatnya banyak yang melakukan tindakan tersebut. Ternyata korupsi yang sering kita dengar di Indonesia juga terjadi di negara lain. Bahkan dunia telah mencatat tentang negara negara terkorup di dunia. Ingin tahu negara mana sajakah yang termasuk ke dalamnya? Berikut ulasannya!

Negara Terkorup di Dunia

  1. Negara Korea Utara

Negara yang sampai hari ini masih adanya konflik dengan Korea selatan ini dikenal sebagai negara terkorup di dunia. Selain itu, negara ini pun sangat tertutup serta memiliki sistem pengamanan yang ketat. Dikatakan tertutup karena negara ini berdiri sendiri tanpa bantuan dari negara lain. Negara ini dipimpin oleh seorang diktator yang bernama Kim Jong Un. Ideologi yang dianutnya adalah komunis. Walaupun begitu negara ini tak memperhatikan rakyat dengan sejahtera. Para pejabat yang berkuasa melakukan hal korupsi yang sering kali membuat rakyatnya menderita.

korut

  1. Negara Somalia

Negara Somalia adalah negara yang menjadi “contoh” jika korupsi terus ditegakkan maka rakyat akan menderita dan akan menjadikan negara tersebut negara miskin. Ya, karena korupsi yang meningkat banyak warga Somalia yang mengalami kemiskinan serta kelaparan. Selain itu negara ini disebut-sebut sebagai negara yang tak aman di dunia karena rakyatnya bebas menjual belikan senjata untuk perang ataupun tindakan terorisme.

somalia

  1. Negara Irak

Sejak dipimpin oleh pemerintahan Saddam Husein negara ini sudah dikenal sebagai negara terkorup di dunia. Sama halnya dengan Korea utara pemerintah yang menjabat adalah seorang diktator yang selalu melakukan tindakan semena-mena pada rakyatnya. Disinyalir dana yang digunakan untuk korupsi tersebut digunakan untuk melakukan tindakan terorisme yang sampai hari ini masih merajalela.

  1. Negara Libya

Negara terkorup di dunia selanjutnya adalah Libya. Saat ini negara Libya sedang dipimpin oleh pemerintahan transisi. Nah, dalam masa transisi inilah pemerintahnya banyak yang melakukan korupsi. Adanya tindakan korupsi ini dikarenakan campur tangan negara asing yang selalu menyogok pemerintahan Libya terkait kerjasama dibidang sumber daya alam dan sebagainya.

  1. Negara Sudan

Sudan adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat potensial. Negera ini memiliki kekayaan minyak bumi yang berlimpah. Namun, sayang kekayaan ini tidak bisa dikelola baik oleh pemerintahannya sehingga menyebabkan rakyatnya banyak yang jatuh miskin. Dikatakan sebagai negara terkorup karena terlihat dari kekayaan yang dimiliki presidennya sangatlah tidak wajar. Gaji yang diterima presiden bisa diterima sampai triliyunan rupiah. Jelas saja hal ini sudah ada indikasi korupsi yang dilakukan oleh pimpinannya.

Indonesia sendiri masuk kedalam urutan 12 besar negara terkorup di dunia. Semoag saja dengan adanya KPK. Semoga saja dengan adanya lembaga tersebut par apejabatnya jera dan tidak melakukannya lagi. Demikianlah informasi mengenai 5 negara terkorup di dunia semoga bermanfaat untuk Anda.

Incoming search terms:

  • sejarah terjkorupsi
5 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2017 | Sundus Afifah | 4.5