Misteri Lagu Nina Bobo Yang Menyeramkan

Misteri Lagu Nina Bobo Yang Menyeramkan – Mungkin kalian memang sudah tida asing dengan lagu “Nina Bobo”.  Lagu yang sering dinyanyikan untuk seorang anak sebelum tidur ini memang populer karena nada dan katanya yang mudah diingat.  Karena hal itulah banyak orang tua yang menyanyikan lagu ini untuk anak mereka sebelum anaknya tidur hingga lelap.

Namun apakah kalian tahu kenapa lagu ini mempunyai judul lagu “Nina Bobo”.  Bukankah “Nina” ini seperti nama seseorang?  Ternyata memang benar “Nina” ini adalah nama seorang anak yang akhirnya dimasukan kedalam lirik lagu ini oleh ibunya.  Tak sampai disitu saja ternyata lagu satu ini memiliki kisah yang meyeramkan yang sekaligus menyedihkan.

nina-bobo2

Misteri Lagu Nina Bobo

Anak yang bernama Hele Nina Mustika Van Rodjnik yang lahir pada 1871.  Anak yang merupakan keturunan Indonesia-Belanda ini mempunyai seorang ibu keturunan jawa bernama Mustika dan seorang yang merupakan seorang kapten keturunan Belanda bernama Van Rodjnik.

Kabarnya anak bernama Hele Nina selalu merasakan susah untuk tidur yang ia alami sejak ia masih bayi.  Ketika waktunya tidur tiba Hele Nina yang ketika itu masih bayi selalu menangis sehingga sang ibu selalu bersenandung untuk Hele Nina agar merasa nyaman dan cepat tidur.  Karena keseringannya menyenandungkan senandung-senandung untuk Hele Nina, Hele Nina menjadi terbiasa mendengarkan senandung dari ibunya dan tidak bisa tidur apabila tidak mendengar senandung dari ibunya tersebut.  Sang ayah Van Rodjnik yang mengetahui hal ini menyaranakan untuk memberikan lirik pada senandungnya tersebut pada Mustika ibu dari Hele Nina yang akhirnya kita kenal sebagai lagu Nina Bobo pada saat ini.

Seiring waktu pada tahun 1875 sakit parah mendera Hele Nina yang membuat penyakit susah tidur dari Hele Nina menjadi semakin parah sehingga sang ibu setiap malam harus menyanyikan lagu Nina Bobo setiap malam tiba sebagai penghantar Hele Nina tidur.  Karena penyakit yang dideritanya inilah akhirnya Hele Nina meninggal diusianya yang ke 6 tahun.  Hal ini tentulah membuat kedua orang tua Hele Nina sedih dan terpukul akbiat dari kematia Hele Nina ini.

Beberapa hari setelah Hele Nina meninggal Kapt. Van Rodjnik ini melihat istrinya tengah menyanyi lagu Nina Bobo didalam kamar mandi.  Selain mendengar nyanyia dari istrinya ternyata dia juga mendengar tangisan seorang anak yang diperkirakan sebagai suara tangisan Hele Nina.

Semenjak kejadian itulah Mustika sering menyanyikan lagu Nina Bobo setiap malam didalam kamar sampai akhirnya dia meninggal dunia.

Setelah sepeninggalan anak dan istrinya Kapten Van Rodjnik pun akhirnya hiduo sendirian.  Menurut cerita kapten Van Rodjnik ini sering mendengar suara tangisan sekaligus suara nyanyian dirumah yang dia tinggali.  Namun Kapten Van Rodjnik tidak terlalu menghiraukan hal tersebut sampai akhirnya ia terkejut ketika dia dibangunkan oleh tangan seorang anak kecil berusia 6 tahun.  Selain itu Kapten Van Rodjnik juga mendengar suara tangisan seorang anak kecil.  Dalam tangisannya dia meminta kepadda kapten Van Rodjnik untuk dinyanyikan sebuah lagu sebagai penghantar tidur yang tentunya merupakan lagu Nina Bobo.  Setelah kejadian itu akhirnya kapten Van Rodjnik juga mengalami hal yang sama seperti Mustika yang selalu menyanyikan lagu Nina Bobo setiap malam sebelum dia tidur.

Menurut mitos yang beredar, kabarnya setiap orang tua menyanyikan lagu ini untuk membuat anaknya tidur pada malam hari, pada saat yang sama Hele Nina pun datang kekamar anak tersebut dan menemaninya agar tetap nyenyak dalam tidurnya sampai pagi.

Misteri Lagu Nina Bobo Yang Menyeramkan | Hamdani Supiyan | 4.5