5 Makanan Khas Cirebon Yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Cirebon Yang Wajib Dicoba – Makanan khas dari suatu daerah bisa jadi pilihan jika datang langsung ke daerah tersebut. Salah satunya makanan khas Cirebon. Jika mengunjungi kota tersebut maka ada beberapa makanan khas yang harus Anda coba. Apa saja makanan itu? Artikel ini akan membahasnya.

Makanan khas Cirebon yang paling terkenal adalah empal gentong. Namun selain itu masih banyak makanan khas yang lainnya yang harus dicoba jika datang ke sana. Berikut ini daftar makanan-makanan tersebut.

makanan-khas-cirebon

Makanan Khas Kota Cirebon

  1. Nasi Jamblang

Dulu kuliner ini disajikan menggunakan bungkusan daun jati kemudian disajikan dengan macam-macam lauk yang bisa dipilih. Lauk-lauk yang bisa Anda pilih antara lain ikan asin, tumis cumi hitam, ayam goreng, aneka pepes, aneka sate, tumis udang, limpa sapi, semur telur, gulai lidah, paru-paru goreng. Juga lauk pauk lainnya.

Harga lauknya mulai dari 3000 sampai 17.500 rupiah. Sangat terjangkau bukan?

Advertisement
  1. Empal Gentong

Ini dia makanan khas Cirebon paling terkenal. Makanan berkuah ini menggunakan berbagai macam isi. Anda dapat menemukan isi empal gentong berupa jeroan sapi dan potongan-potongan daging. Isian umum yang dapat dipilih adalah babat, usus, limpa, paru, dan daging sapi. Harganya sekitar 18.000-20.000 rupiah.

Salah satu tempat yang banyak penjual empal gentongnya adalah Desa Battembat. Antara lain Empal Gentong Bang JT, Empal Gentong Apud, Empal Gentong Amarta, dan Empal Gentong Mang Darma yang terkenal.

  1. Mi Koclok

Kuah dari makanan ini berwarna putih kental. Nikmat sekali jika disantap hangat-hangat pada malam hari. Menggunakan isian berupa potongan telur rebus, irisan tauge, ayam suwir, kolm dan daun bawang. Sangat mengundang selera bukan?

Anda tidak akan kesulitan mencari penjual kuliner ini karena banyak sekali kedainya di pinggir-pinggir jalan. Biasanya dibukanya dari jam 18.00 sampai tengah malam.

  1. Docang

Nama makanan khas Cirebon ini memang tidak begitu populer. Docang merupakan sajian berbahan lontong yang dicampur dengan tauge, daun singkong, parutan kelapa, kerupuk serta sambal docang yang sudah sangat dikenal sejak zaman wali.

Campuran tersebut disiram dengan kuah panas yang menggunakan rempah pilihan serta oncom atau tempe bungkil.

  1. Nasi Lengko

Isi nasi ini adalah tauge, irisan timun kecil, irisan tempe, daun bawang, dan tahu. Lalu bahan-bahan tersebut disiram menggunakan bumbu kacang pedas serta irisan daun kucai dan taburan bawang. Anda bisa memilih yang pedas atau manis.

Itu dia berbagai makanan khas Cirebon yang harus coba Anda rasakan jika berkunjung ke sana. Dijamin rasanya sangat sedap.

Incoming search terms:

  • makanan cafe khas cirebon
5 Makanan Khas Cirebon Yang Wajib Dicoba | Khisma Nisa Yuniar | 4.5