6 Kota Tertua di Dunia dan Masih Dihuni

Kota Tertua di Dunia –Kota tertua adalah kota yang dimungkinkah telah mengukir ribuan sejarah, dimana arsitektur yang indah serta artefak yang unik kemungkinan besar tersaji di dalamnya. Melalui kota tertua di dunia kita bisa menyaksikan betapa luar biasanya peradaban manusia di masa sebelumnya. kota tertua memiliki daya tarik yang luar biasa pula. Membuat para penjelajah pengalaman tertarik bagaimana kisah dan legenda yang telah lahir di kota tersebut. uniknya lagi, kota-kota tersebut masih ada penghuninya hingga saat ini.

index

Kota Tertua di Dunia

6 Kota Tertua di Dunia dan Masih Dihuni

Advertisement
  • Jericho, Palestina. Kota tertua yang satu ini adalah kota yang relative kecil yang berlokasi di tepian sungai Yordan. Saat ini kota tertua ini menampung rumah sekitar 20.000 orang. Para arkeolog mengemukakan bahwa di Jericho telah ditemukan puing-puing pemukiman secara berturut-turut. Penemuan arkeolog ini dibuktikan dengan penemuan tempat tinggal manusia di kota ini yang dimungkinkan sisa-sisa tempat tinggal sejal 11.000 tahun silam sekitar 20 pemikiman. Kitab Ibrani menyebut kota ini sebagai kota Palm Trees. Kota Jericho posisinya di pusat Palestini, dengan demikian kota ini adalah kota yang idela untuk dimanfaatkan dalam jalur perdagangan. Keindahan alam dan sumber daya alam yang dimiliki kota ini menjadi keistimewaan lain bagi Kota Jericho. Hal inilah yang menyebabkan banyak invasi ke Palestino sejak zaman kuno.
  • Byblos, Libanon. Kota tertua berikutnya ada Byblon yang dianggap menimbun banyak peradaban Kuno. Nama Byblus diberikan oleh orang Yunani, saat mereka mengimfor Papirus dari kota ini pada zaman dahulu. Ini adalah salah satu kota tertua yang telah dihuna sejak 5000 tahun lamanya. Walaupun tanda-tanda puing-puimh pemukiman ditemukan lebih tua dari periode sebelumnya. Kota tertua di dunia ini hingga kini masih ramai menjadi tujuan wisata. Selain keindahan yang ditawarkannya, di kota ini pun terdapat benteng dan kuil-kuil kuno, keindahan pemandangan yang menghadap mediterania,  serta reruntuhan antic dan dermaga. Kini Byblos menjelma menjadi kota yang modern dengan berbagai bangunan kaca yang didirikan di sana serta kondisi jalan yang cukup sibuk. Namun, walaupun demiian sentuhan-sentuhan kekunoannya masih tanpak, hal ini menunjukkan bahwa  kota ini telah mengalami kehidupan cukup lama, dan telah menyaksikan berbagai peradaban hidup di kota ini.
  • Suriah (Syiria). Kota tertua di dunia selanjutnya adalah Aleppo yang di Suriah kota ini dapat dikatakan berpenduduk cukup padat. Kota ini didirikan sebagai Halab tahun 4.300 tahun sebelum masehi. Aleppo sebagai kota modern yang menyimpan banyak situs kuno ini hampir tak tersentuh oleh tangan para arkeolog. Kota ini perkiraan telah ada penghuninya sejak 8000 tahun silam, namun penemuan arkeolog menunjukkan bahwa di kota ini ditemukan sisa-sisa tempat tinggal lebih lama dari itu, yakni 13.000 tahun silam. Kota ini hingga tahun 800 SM berada di bawah kendali Hittite, yang sebelumnya dikuasi  Assyria, Yunani dan tangan Persia. Selanjutnya kota ini berpindah tangan ke bangsa Romawi, Bizantium, Arab, Mongol, dan Ottoman. Kota Aleppo merupakan kota terbesar di Suriah dengan penduduk 2 juta jiwa. Kota ini hadir dalam lokasi rute yang sangat menguntungkan.  Ia terletak di pusat jalur sutera yang menghubungkan Asia dan Mediterania, ia juga memiliki bangunan dengan berbagai ragam arsitektur yang menggambarkan bangsa yang menguasai sebelumnya.
  • Damaskus, Suriah. Kota yang hari ini menjadi ibukota Suriah ini terletak di antara Asia dan Afrika. Kota ini juga merupakan kota terbesar di Suriah dengan populasi lebih dari 4.5 juta jiwa. Kota ini dimungkinkan sudah dihuna sejak delapan ribu hingga sepuluh ribu tahun sebelum masehi.
  • Athens, Yunani. Athena merupakan ibukota Yunani, yang merupakan tempat kelahiran peradaban Barat yang berpenduduk sekitar 3 juta jiwa. Kota ini diperkirakan sudah dihuni sejak 7000 tahun silam, yang ditandai dengan desain kota ottoman, bizantium, dan peradaban Romawi. Kota ini dikategorikan sebagai tempat munxulnya filsuf, penulis, dramawan, seniman dan gaya klasik yang sungguh luar biasa. Kini Athena bermetamorfosis ini menjadi kota kosmopolitan, budaya, media, pendidikan, pusat politik dan industri Yunani.pusat sejarah kota terdiri atas  Acropolis yaitu kota tinggi, sebuah bukit besar dengan puing-puing bangunan kuno dan Parthenon. Bukit ini memiliki pemadangan yang menakjubkan. Athena diakui menjadi pusat penelitian arkeologi, kaya akan museum sejarah, termasuk di dalamnya Museum Arkeologi Nasional, Bizantium dan Museum New Acropolis.
  • Susa, Iran. Ia adalah sebuah kota kuno bekas Elamite, Persia dan kerajaan Parthia Iran. Kota ini dikategorikan sebagai kota besar sejak zaman kuno hingga abad pertengahan. Sejak bergeser menjadi kota modern, kota ini dihuni oleh sekitar 65.000 jiwa. Menurut para arkeolog berdasar penggalian yang dilakukan atasnya, kota ini sudah dihuna sejak 5000 tahun sebelum masehi. Sehingga tidak salah, salah satu penyandang kota tertua di dunia diselempangkan kepada kota yang satu ini.

Itu dia guys beberapa kota tertua di dunia. Apabila kita melihat penuturan para arkeolog terkait dengan lamanya kota ini telah dihuni emang pantas ya guys kota-kota di atas dinobatkan sebagai kota tertua di dunia. kita sebagai manusia yang hidup di zaman modern sudah selayaknya angkat topi pada mereka yang hidup di zaman Kuno namun sudah mampu menciptakan peradaban yang luar biasa hingga peninggalannya bisa dikenang, menjadi sejarah, dan mendatangkan pengetahuan baru bagi generasi berikutnya. kini saatnya Kamu menciptakan sejarah di kotamu. Semoga bermanfaat untuk menambah luasnya cakrawala keilmuan Kamu ya guys.

sumber: https://aura-ilmu.com/kota-tertua-di-dunia/

 

6 Kota Tertua di Dunia dan Masih Dihuni | Ira Nurhasanah | 4.5