Kompetisi Sepeda Motor Balap Selain MotoGP

Sebelum kita membahas tentang berbagai kompetisi balapan motor di dunia tidak ada salahnya jika kita sedikit mengulas asal asul atau sejarah balap motor dari awal sampai akhirnya bisa menjadi olahraga bergengsi seperti hari ini.  Balap motor adalah cabang olahraga otomotif yang menggunakan sepeda motor sebagai medianya.  Pemegang kendali organisasi sepeda motor di dunia yaitu FIM atau Federasi Internasional Motorcycle menyelenggarakan kejuaraan sepeda motor balap yang pertama tahun 1949.

Dari awal penyelenggaraan hingga saat ini, nama asalnya yang dulu adalah grand prix diubah menjadi MotoGP.  Sejak tahun 2003, mesin 2 tak tidak lagi diturunkan di arena.  MotoGP saat ini digelar dengan total keseluruhan seri sebanyak 17 seri pada tiap tahun dengan penyelenggaraan di 15 negara yang berbeda. Jika selama ini anda hanya mengetahui pertarungan balap motor hanya dengan label MotoGP saja anda salah besar ternyata masih banyak sekali jenis balap motor yang ada di seluruh dunia dan kami akan menginformasikan kepada anda.

maxresdefault-17-7af1d9347a437ef54ac9c00f572318c0

  1. World Super Bike

seperti namanya kalau World Super Bike adalah balap motor yang menggunakan motor sport dengan kapasitas 1000 cc yang juga dijual secara bebas di pasaran.  Dalam  artian bahwa motor yang digunakan oleh pembalap bisa jadi adalah jenis motor yang anda miliki di garasi rumah anda.  meskipun kita tahu bahwa harga sebuah motor sport tentu saja tidak murah dan mungkin banyak dimiliki oleh masyarakat dengan ekonomi tertentu.

berbeda dengan balap MotoGP yang memang sudah terkenal seantero muka bumi, pada rider yang bertarung di ajang World Super Bike adalah rider yang tidak banyak muncul di media masa.  Namun ada beberapa rider yang mungkin tidak asing bagi anda penggemar MotoGP karena pada beberapa kasus pada rider World Super Bike dulunya me“rupakan rider di MotoGP.

Hal pembeda ajang balap World Super Bike ini yaitu pada pembalap atau rider secara bersama-sama bergabung dalam sebuah tim serta tidak membawa nama sebuah pabrikan atau brand motor tertentu.  hanya ada sponsor yang membatu mereka secara finansial, artinya semua dana dikucurkan dari kantong pribadi rider dan sponsornya tersebut.

  1. Super Moto

Berbeda dengan balap motor yang sebelumnya sudah kita bahas, di kelas Super Moto ini menggunakan motor trail yang sudah mengalami modifikasi baik modifikasi setang motor maupun modifikasi ukuran ban.  sebagai informasi tambahan saja, kalau ban sepeda motor trail biasanya diganti dengan ukuran yang lebih besar agar pijakan ban lebih stabil diatas tanah sehingga ketika motor menapaki arena balapan. tidak hanya dari body motornya itu sendiri, motor yang digunakan pada ajang super bike juga mengalami modifikasi di jeroannya.

  1. Moto Cross

Jenis balapan yang satu ini tentu sudah anda pahami karena memang selain menggunakan motor jenis trail arena balapan juga berada pada media tanah tanpa jalur lintasan yang mulus.

  1. Drag Race

Yang unik dari jenis balapan ini yaitu  lintasannya hanya berbentuk lurus dengan track sepanjang 200 meter serta 500 meter saja. Yang berbedanya lagi di arena balap hanya ada 2 orang rider yang menggunakan motor full modifikasi terutama di bagian ban berukuran raksasa.  Aturan mainnya sangat mudah, siapa yang mengetuk garis finish lebih dulu ialah pemenangnya.

msd-motorcyclespeedway-4-xl-7a3b8df64c24cdf075560154c44670ff

  1. Road Race

Balap motor yang satu memang lebih dikenal pada kawasan asia. Arena balap tidak dibuat secara khusus melainkan ruas ruas jalan perkotaan saja dengan pembatas berupa pasir dalam karung atau susunan ban bekas. Panjang track lintasan bervariasi mulai dari 10 km sampai 20 km.

Jika anda seorang penggemar balap motor tentu anda sudah khatam akan jadwal balap motor yang bisa jadi salah satu ridernya adalah favorit anda.  Tidak hanya piawai dalam mengendalikan kuda besi, para pembalap juga memang diharuskan untuk memiliki skill yang mumpuni untuk bisa bertaruh dengan rider atau pembalap lan di seluruh dunia.  Dengan kolaborasi yang pas antara teknik balapan serta didukung oleh performa kendaraan yang epik, tentu saja kemenangan di podium bisa diraih dengan sangat mudah. Infromasi tentang Kejuaraan Balap Motor Selain Motogp Di Dunia bisa menambah pengetahuan kita semua.

Kompetisi Sepeda Motor Balap Selain MotoGP | Syella | 4.5