Keuntungan Memiliki Obligasi Ritel Online Indonesia

Dalam dunia investasi dikenal istilah SBN (Surat Berharga Negara) yang mana merupakan produk investasi yang diterbitkan serta dijamin oleh pemerintah Indonesia. SBN dinilai merupakan produk investasi yang aman, mudah, terjangkau serta sangat menguntungan. Salah satu bentuk SBN adalah Obligasi Ritel Indonesia (ORI). ORI ini dalam perkembangannya bisa Anda miliki dengan mudah di asuransi online terpercaya Tanamduit.

Pialang memperhatikan pergerakan saham di kantor Danareksa Sekuritas, Jakarta, Jumat (9/3). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/18.

Pialang memperhatikan pergerakan saham di kantor Danareksa Sekuritas, Jakarta, Jumat (9/3). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/18.

Apa itu Obligasi Ritel Indonesia (ORI)?

Sederhananya ORI merupakan surat hutang yang sengaja diterbitkan oleh pemerintah serta penjualannya bisa dilakukan secara ritel atau eceran kepada setiap orang warga Indonesia. ORI ini diterbitkan dengan tujuan salah satunya untuk membantu pembiayaan negara. Sehingga secara tidak langsung dengan berinvestasi di ORI, Anda pun turut membantu pembangunan negara.

Keuntungan berinvestasi di ORI

Banyak orang yang mengatakan bahwa berinvestasi di ORI itu sangat minim resiko gagal bayar karena dana utamanya masuk dalam APBN tiap tahunnya, sehingga Anda pun tidak perlu khawatir mendapatkan kerugian saat berinvestasi. Lantas apa saja keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi di ORI?

  1. Berlaku di pasar sekunder

ORI ini bisa Anda jual di pasar sekunder atau bursa efek dengan syarat belum jatuh tempo. Ini bermanfaat ketika Anda kapanpun membutuhkan dana dari kupon ORI bisa dicairkan langsung.

  1. Kupon stabil tiap bulan

Di dunia investasi ada sebuah instrumen yakni kupon. Di ORI sendiri Anda pun akan mendapatkan kupon stabil. Dengan kata lain besarnya suku bunga kupon tetap, tidak terpengaruh pada besaran suku bunga kredit nasional. Itu artinya kupon ini bisa Anda gunakan sebagai penghasilan pasif.

  1. Dapat dijadikan jaminan

Karena status ORI sebagai surat berharga negara (SBN) maka ORI ini bisa Anda jadikan sebagai pinjaman misalkan pengajuan pinjaman ke bank umum atau bahkan lembaga keuangan lainnya.

Di asuransi online Tanamduit, Anda pun bisa memiliki ORI ini dengan mudah. Pun juga sangat aman karena Tanamduit merupakan mitra terpercaya KEMENKEU RI. Dalam pengoperasiannya relatif mudah, Anda bisa mendownload aplikasi Tanamduit lewat App Store. Lantas bagaimana menggunakannya?

Tenang saja, di aplikasi Tanamduit Anda akan dibimbing oleh ahlinya hingga benar-benar mahir. Bagaimana tertarik untuk berinvestasi? Informasi selengkapnya bisa Anda cek di https://id.tanamduit.com/sbn.

Keuntungan Memiliki Obligasi Ritel Online Indonesia | Makka El Fatih Setiawan | 4.5