Mengenal Jenis Mesin Jahit dan Kelebihannya

Mesin jahit merupakan salah satu perangkat penting dalam industri konveksi. Tidak hanya itu saja, mesin ini juga kerap dipakai untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan sandang. Jadi bukan hanya industri besar saja yang memerlukan mesin jahit serbaguna, tapi juga usaha rumahan. Jenis mesin jahit juga beragam. Jika dulu kebanyakan penjahit menggunakan mesin manual yang dioperasikan dengan tangan. Saat ini jenisnya sangat beragam bahkan ada yang dioperasikan menggunakan komputer.

Macam dari mesin untuk menjahit ini sangat banyak dan masing-masing memiliki fungsi sendiri. Harga mesin jahit besar dan kecil pun berbeda. Kebanyakan, mesin jahit untuk pemula saat ini sudah menggunakan dinamo sebagai penggerak. Hal tersebut bertujuan agar proses pengerjaan bisa lebih cepat. Meski begitu, mesin tersebut memerlukan daya listrik yang cukup besar. Karena itu sebaiknya pilih tipe mesin yang sesuai dengan kebutuhan. Jika untuk kebutuhan rumahan misalnya menjahit pakaian yang sobek. Tak mengapa jika memakai mesin manual saja supaya lebih hemat.

mesin jahit

Jenis Mesin Jahit Berdasarkan Cara Pengoperasiannya

Menjahit sebenarnya tidak harus menggunakan mesin. Dengan bermodalkan jarum dan benang saja, Anda sudah bisa membuat jahitan yang rapi. Hanya saja pengerjaannya memerlukan waktu yang lama. untuk skala industri, penggunaan mesin jahitmenjadi pilihan tepat. Kebanyakan usaha konveksi rumahan hanya memiliki dua jenis mesin yaitu jahit dan obras. Hal tersebut tentu saja mempertimbangkan daftar harga mesin jahit yang tidak begitu murah. Bagi Anda yang ingin belajar menjahit, berikut akan dijelaskan mengenai jenis mesin untuk menjahit beserta kelebihannya.

  1. Mekanik atau manual

Mesin ini termasuk tipe kuno dan dioperasikan tanpa menggunakan listrik. Meski terkesan sangat ketinggalan zaman, namun bodi mesin ini sangat awet. Sebagian besar rangka dari mesin ini terbuat dari besi. Harga mesin jahit manual pun bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Secara umum, jenis mesin ini dibagi menjadi 3, yaitu mesin yang digerakkan dengan tangan, kaki, dan dinamo.

  1. Listrik

Jenis mesin ini sering dipakai untuk industri rumahan. Tenaga penggeraknya menggunakan listrik yang disalurkan melalui motor ataupun dinamo. Prinsip kerja dari mesin ini adalah menembakkan jarum dan mengembalikannya ke posisi semula dengan memanfaatkan energi listrik. Selain itu, mesin ini juga dibekali dengan gerakan mekanik yang akan mendorong kain saat dijahit. Menurut data dari daftar harga mesin jahit juki, harga produk ini sedikit lebih mahal dari tipe mesin manual.

  1. Digital

Ini merupakan mesin jahit yang bagus untuk usaha konveksi. Mesin ini digerakkan melalui sistem operasi komputer. Pemakaiannya tidak hanya untuk membuat jahitan biasa, tetapi juga model jahitan dekorasi serta bordir. Kelebihan mesin ini ada pada bodinya yang ringan sehingga mudah dipindah-pindah. Jenis jahitan yang bisa dibuat jumlahnya banyak. Putaran kecepatannya lebih halus dan mudah diatur. Mesin ini dilengkapi juga dengan penerangan menggunakan LED. Tak hanya itu, terdapat juga ruang penyimpanan atau memori untuk menyimpan settingan jahitan. Kekurangan dari mesin ini ada pada harganya yang mahal. Pengoperasiannya juga memerlukan keterampilan khusus.

Ketiga jenis mesin jahit yang disebutkan diatas masih dijual di pasaran. Peminatnya pun masih banyak mulai dari ibu rumah tangga hingga pemilik industri konveksi. Jika Anda ingin tahu mengenai harga mesin jahit portable singer dan tipe lainnya, kunjungi saja JD.ID. Belanja jadi lebih dengan pelayanan memuaskan serta harga yang lebih bersahabat.

Mengenal Jenis Mesin Jahit dan Kelebihannya | Makka El Fatih Setiawan | 4.5