Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada di Cina

Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada di Cina – Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungan anatara satu tempat ke tempat lainnya yang terputus oleh jurang, sungai, lembah, bahkan laut. Kecanggihan teknologi membuat jarak jembatan yang bisa dibuat semakin panjang. Daerah yang awalnya harus ditempuh dengan transportasi udara atau laut sekarang bisa ditempuh dengan transportasi darat dengan bantuan jembatan ini. Berapa panjang jembatan yang pernah kita lihat atau lalui?

Tahukah kalian dimana jembatan terpanjang di dunia?

Jembatan terpanjang di dunia hingga saat ini berada di negara Cina. Negara Cina memang terkenal mempunyai banyak jembatan yang panjangnya melebihi jembatan – jembatan pada umumnya. Jembatan terpanjang di Dunia bernama Danyang–Kunshan Grand Bridge. Jembatan ini terletak di anatara wilayah Shanghai dan Nanji. Jembatan ini difungsikan sebagai jalan bebas hambatan atau jalan tol yang menghubungkan antara Danyang dan Kunshan.

Jembatan ini mempunyai panjang 164,8 kilometer dengan tinggi sekitar 31 meter. Jembatan ini berada diatas Delta Sungai Yangtze.  Selesai dibangun tahun 2010 dan mulai dibuka secara resmi pada bulan juni 2011. Jembatan ini dikerjakan dalam waktu 4 tahun dan dikerjakan oleh 10.000 pekerja. Pembangunan jembatan ini menghabiskan dana sebesar USD 8,5 milyar. Jembatan ini pun sudah tercatat di  Guinness World Record sebagai yang terpanjang di dunia hingga saat ini.

Danyang-Kunshan Grand Bridge

Danyang-Kunshan Grand Bridge

Selain jembatan ini sebenarnya Cina juga sudah pernah memiliki beberapa jembatan lain yang juga merupakan Jembatan Terpanjang di Dunia. Bahkan salah satu jembatannya yaitu Tianjin Grand Bridge di Cina dengan panjang 113,7 kilometer dinobatkan di Guinness World Record sebagai jembatan terpanjang kedua di dunia. terletak di antara Langfang dan Qingxian, bagian dari Beijing-Shanghai High-Speed Railway. Jembatan lainnya adalah :

  • Weinan Weihe Grand Bridge dengan panjang 79,7 kilometer menghubungkan antara Zhengzhou dan Xi’an, di Cina. Pembangunannya selesai pada tahun 2008 tapi baru dibuka pada tahun 2010.
  • Beijing Grand Bridge dengan panjang 48,153 kilometer berada di Beijing. Selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka pada tahun 2011.
  • Yangcun Bridge dengan panjang 35,182 kilometer merupakan jembatan kereta api berkecepatan tinggi yang melintasi Tianjin dengan Beijing.
  • Hangzhou Bay Bridge dengan panjang 35,673 kilometer merupakan jembatan yang berada diatas laut. Menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhejiang Cina. Selesai dibangun dan diresmikan pada tahuin 2006 tapi baru dibuka untuk umum pada tahun 2008.
  • Runyang Bridge dengan panjang 35,660 kilometer merupakan jembatan yang dibangun pada tahun 2000 dan baru dibuka pada tahun 2005. Proyek ini menghabiskan dana sebesar USD 700juta. Jembatan ini menghubungkan Zhenjiang di tepi selatan sungai dan Yangzhou di utara.
Jembatan Terpanjang di Dunia, Ada di Cina | Riris Rukma | 4.5