Inilah Masjid Terindah di Dunia Paling Megah!

Masjid Terindah di Dunia Paling Megah – Masjid merupakan sebuah rumah ibadah bagi orang – orang beragama Islam. Masjid atau yang sering disebut sebagai rumah Allah SWT ini dijadikan sebagai sarana umat muslim untuk melakukan ibadah wajib seperti shalat 5 waktu maupun untuk berkumpul dalam satu majelis untuk menambah Ilmu dan kegiatan – kegiatan keagamaan lainnya.

Allah SWT menyukai keindahan jadi tidak heran banyak umat muslim di Dunia membangun masjid yang indah. Dan berikut adalah masjid – masjid terindah di Dunia.

  1. Masjidil Haram

Masjidil Haram, semua umat Muslim di Dunia entah itu yang sudah pernah datang langsung ke tempat ini maupun yang belum pernah datang pasti tahu masjid yang satu ini. Masjidil Haram merupakan masjid yang terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Mereka masjid dimana umat Islam di seluruh dunia berkumpul di setiap tahunnya untuk menjalankan ibadah Haji. Di masjid ini terletak Kabah yang merupakan alat kiblat muslim di sleuruh dunia. Masjid ini juga termasuk yang paling tua karena menurut sejarahnya masjid ini pertama kali didirikan oleh Nabi Adam a.s. Kemudian diteruskan oleh Nabi Ibrahim a.s dan anaknya nabi Ismail a.s.

Masjid ini mulai diperluas pada masa kekhalifahaan Umar Bin Khatab r.a dilanjutkan pada masa Usman bin Affan kemudian terus dilakukan perbaikan dan perawatan hingga saat ini.

Masjid ini memiliki menara yang mencakar langit dan 492 tiang yang megah serta kokoh berbahan marmer. Masjid ini adalah masjid terluas, terbesar dan termegah di dunia.

masjidil haram

Masjid Terindah di Dunia

  1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi terletak di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini juga masjid yang mempunyai nilai sejarah yang penting untuk umat Islam. Pasalnya Masjid ini pertamakali didirikan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri waktu beliau hijrah dari Mekah ke Madinah. Dulunya masjid ini ada didepan pelataran rumah beliau dan sekarang di dalam masjid ini terdapat makam Rasullah SAW setelah masjdi ini mengalami perluasan. Ini juga salah satu masjid yang pasti akan dikunjungi oleh semua jamaah Haji di seluruh Dunia. Masjid ini memiliki 27 kubah dimana salah satunya dibawahnya terdapat makam Rasulullah SAW.

masjid-al-nabawi

  1. Masjid Hasan II

Masjid ini terletak di Casablanca, Maroko dan pertama dibangun pada tahun 1980. Masjid ini merupakan masjid terluas setelah kedua masjdi diatas. Masjid ini memiliki menara yang paling tinggi di dunia dengan tinggi 210m. Masjid ini didesain oleh arsitek Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygeus.

Keindahan dari masjid ini adalah selain dari desainnya yang indah karena ternyata lebih dari 6000 seniman maroko dipekerjakan pada proyek pembangunan masjid. Masjid ini jadi lebih indah juga dari penataan letak masjid ini dibangun. Masjid ini dibangun menjorok ke laut dan seoalah – olah membuatnya terlihat terapung.

IMG-Hassan-II-Mosque-9

  1. Masjid Faisal

Berikutnya ada Masjid Faisal yang terletak di Islamabad, Pakistan. Merupakan masjid terbesar di Pakistan sekaligus menjadi Icon negara ini. Dibangun oleh arsitektur asal Turki Vedat Dalokay. Masjid ini berbeda dengan masjid biasanya karena tidak memiliki kubah. Masjid ini tampil dengan atap masjid berbentuk lancip dengan garis modern kontemporer bercampur dengan tenda tradisional khas Beduin.

masjid Faisal

  1. Masjid Sultan Ahmet Camii

Masjid ini juga dikenal dengan nama Blue Mosque atau masjid biru. Masjid terbesar di Instabul, Turki ini merupakan salah satu masjid yang wajib dikunjungi ketika datang kesana. Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616. Keindahan masjid ini terletak di arsitekturnya. Dikelilingin dengan 6 menara yang menjulang tinggi dengan kubah yang besar yang memiliki 260 jendela sehingga bisa memantulkan cahaya. Di dalam masjid terdapat kaligrafi yang indah. Bisa disebut masjid biru karena dulu awalanya masjid ini berwarna biru tapi sekarang sudah tidak lagi.

masjid sultan ahmet camii

Itulah 5 masjid terindah di dunia. Masih banyak lagi masjid – masjid yang dibangun dengan indah lainnya. Yang memiliki ciri khas setiap negara ataupun kota dimana mereka berdiri. Tapi seberapa indah dan megahnya sebuah bangunan masjid ini yang diharapkan fungsi asli masjid sebagai rumah ibadah, kesucian serta kesakralannya harus tetap dijaga.

Inilah Masjid Terindah di Dunia Paling Megah! | Riris Rukma | 4.5