Inilah Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud

Inilah Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud – Sebagai seorang muslim kita mempunyai kewajiban untuk  beribadah kepada Allah SWT. Dari ibadah wajib sampai sunnah. Ibadah wajib adalah ibadah yang harus dilakukan seorang Muslim apabila dilakukan mendapatkan pahala apabila tidak dilakukan maka dia berdosa contohnya sholat lima waktu dan puasa Ramadhan. Sedangkan Ibadah sunnah adalah ibadah yang apabila dilakukan mendapatkan pahala tapi apabila tidak dilakukan maka tidak berdosa contoh sholat tahajud, sholat duha, dan puasa senin kamis.

Karena hukumnya sunnah yaitu bila tidak dilaksanakan tidak berdosa maka banyak Muslim yang menyepelekan ibadah sunnah. Padahal ada keutamaan atau kelebihan dan juga manfaat di setiap ibadah sunnah salah satunya ibadah sunnah sholat tahajud. Sholat tahajud adalah Sholat yang dilakukan di malam hari setelah bangun dari tidur. Waktu yang paling baik untuk melakukanya adalah di sepertiga malam. Sholat ini mempunyai hukum sunnah muakad yaitu sunnah yang sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat selain pahala tentunya. Beberapa keutamaan dan manfaat sholat tahajud adalah

Inilah Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud

  1. Penghapus dosa dan pencegah dosa

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Hendaklah kamu melaksankan sholat tahajud karena sholat tahajud itu adalah kebiasaan orang – orang shaleh sebelum kalian, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, dan pencegah dosa.’’ (HR. At-Tirmidzi)

  1. Jaminan masuk surga

Allah memberikan jaminan masuk surge bagi orang – orang yang melaksankan sholat tahajud.  Seperti sabda Rasulullah SAW yang berbunyi :

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Al Hakim dan Ibnu Majah)

Advertisement
  1. Memperoleh cinta Allah

Mereka yang sholat tahajud akan mendaptakan cintaNya. Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Tiga golongan yang Allah mencintai dan tertawa kepada mereka serta memberi mereka berita gembira; orang yang manakala ada sekelompok pasukan terbuka peluang perang, dia berperang di belakang barisan pasukan itu dengan dirinya karena Allah SWT, (dia diantara satu dari dua pilihan) terbunuh atau dimenengkan oleh Allah SWT dan dicukupinya, maka Dia berkata : “Lihatlah kepada hamba-Ku ini, bagaimana ia bersabar dengan dirinya karena Aku. Orang yang mempunyai isteri yang cantik dan kasur yang lembut lagi bagus, lalu dia bangun sholat di malam hari, maka Allah berkata : Dia meninggalkan syahwatnya dan mengingat Aku, sekiranya dia mau tentunya dia tidur dan orang yang mana bila dia berada dalam perjalanan bersama para musafir yang bergadang lalu tidur maka dia bangun sholat di akhir malam baik dalam kondisi tidak senang atau senang.” (HR. Thabrani)

  1. Waktu yang mustajab untuk berdoa

Waktu sholat tahajud adalah waktu yang paling baik untuk berdoa. Setiap malam ada dua saat dimana apabila kita berdoa di salah satu diantaranya maka niscaya doanya akan terkabul. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW dari Jabir bin Abdullah r.a :

“Sesungguhnya pada malam hari ada dua saat, tidaklah seorang muslim memohon kepada Allah kebaikan dari urusan dunia dan akhirat bertepatan dengan saat tersebut, melainkan Dia memberikan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan pula oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada Ku niscaya Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada Ku niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampun kepada kepada Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar” (HR. Bukhari Muslim)

  1. Mendapat tempat yang terpuji

Dalam Al Quran surah Al-Isra’ ayat  79 Allah SWT berfirman :

“Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Itulah beberapa keutamaan sholat tahajud. Selain beberapa keutamaan tersebut sholat tahajud juga memiliki manfaat bagi kesehatan bila dilakukan secara rutin yaitu

  1. Melancarkan aliran dalam tubuh
  2. Membesarkan rongga paru – paru
  3. Menjaga daya tahan tubuh
  4. Menjadikan tampilan yang lebih menarik, wajahnya akan lebih bersinar
  5. Membuat pikiran jauh lebih segar
Inilah Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud | Riris Rukma | 4.5