Inilah Ikan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Inilah Ikan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup – Setelah sebelumnya kita membahas hewan terbesar di dunia sekarang kita akan bahas ikan terbesar di dunia. Tahukah kalian ikan yang dinyatakan sebagai jenis ikan terbesar di dunia?

Hewan terbesar di dunia adalah Paus biru dan tinggal di lautan tapi sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya bahwa paus biru ini bukanlah termasuk jenis ikan. Jadi walau tinggal di lautan dan mempunyai ukuran yang besar paus biru tidak dinyatakan sebagai ikan terbesar. Ikan terbesar di dunia adalah hiu paus.

Hiu Paus atau Rhincodon typus merupakan hiu pemakan plankton. Ikan ini merupakan spesies ikan terbesar. Disebut hiu paus karena ukuran tubuhnya yang besar dan memiliki kebiasan makan seperti paus yaitu dengan menyaring air laut. Bila di jawa ikan satu ini punya sebutan lain yaitu geger lintang atau dalam bahasa Indonesia berarti punggung berbintang merujuk pada warna punggung ikan ini yang bertotol seperti bintang laut. Ada juga yang menyebutnya hiu tutul. Selain berukuran besar ternyata hiu ini juga memiliki masa hidup yang lama yaitu sampai mencapai usia 70 tahun. Spesies ini dipercaya sudah ada sejak 60 juta tahun yang lalu. Lingkungan hidup hiu ini adalah samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat.

hiu paus2

Ukuran ikan ini kira – kira bisa mencapai sekitar 97 meter dengan berat 9 ton. Pada tahun 1947 di Pakistan pernah tertangkap hiu jenis ini dengan panjang sekitar 1,265 m dengan berat lebih dari 21,5 ton dan lingkar badan kurang lebih 7m. Tapi masih banyak kisah tentang hiu paus ini yang memiliki ukuran lebih besar dari itu.

Hiu paus mememiliki ukuran mulut yang besar hingga 15 m yang berisikan 10 lembar penyaring dan kurang lebih 300 atau 350 gigi kecil. Ikan ini memiliki lima pasang insang berukuran besar. Mmeiliki dua mata kecil dengan warna tubuh keabu – abuan denag perut putih. Tida gigir memanjang terdpaat di masing – masing sisi tubuhnya. Serta pastinya corak bintik – bintik atau totol – totol serta garis kuning keputih – putihan membentuk pola kotak – kotak. Tebal kulitnya 10cm dengan sirip punggung dan sirip dada. Sirip ekor lebih panjang disebelah atas adalah milik paus hiu muda sedangkan  sirip berbentuk bulan sabit miliki hiu paus dewasa.

hiu paus

Merupakan jenis ikan yang bermigrasi atau berpindah untuk menacari makanan. Ikan ini mampu menyelam hingga kedalaman 1.286 m. Tapi hewan ini hanya kan menuju lautan yang bersuhu hangat. Walaupun ukurannnya sangat besar tapi hiu ini termasuk hewan yang jinak. Dia sering membiarkan para penyelam berenang disekitarnya dan bahkan menunggangi punggunya. Sama seperti paus biru populasi hiu ini juga terancam karena sering tidak sengaja terbawa dalam jaring ikan. Karenanya IUCN, badan konservasi dunia, karenanya memasukkan populasi hiu paus ini ke dalam status Rentan.

Incoming search terms:

  • ikan terbesar di dunia
Inilah Ikan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup | Riris Rukma | 4.5