Inilah Gurita Terbesar di Dunia ada di Samudera Pasifik

Gurita Terbesar di Dunia ada di Samudera Pasifik – Menurut wikipedia gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda yaitu kaki hewan terletak di kepala, ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Gurita memiliki delapan kaki kuat yang disebut tentakel.

Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda. Gurita dalam bahasa Inggris disebut Octopus yang artinya delapan kaki. Gurita ini memiliki keluarga yang sama dengan cumi maupun sotong. Gurita ini memiliki warna, bentuk dan ukuran yang bervariasi. Dari banyaknya variasi gurita salah satu jenis gurita terbesar yang diketahui adalah Gurita Pasifik Raksasa.

gurita pasifik raksasa

Gurita Terbesar di Dunia

Dari penyebutan namanya saja sudah jelas bahwa gurita ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada gurita lainnya. Gurita Pasifik Raksasa atau Giant Pasific Octopus (Enteroctopus dofleini) merupakan spesies besar dari kawasan pasifik bagian utara dimana panjangnya bisa mencapai 7 m dengan berat 71 kg.

Ukurannya memang besar tapi ternyata gurita ini memiliki sifat pemalu dan suka menyembunyikan diri dengan berubah warna dan tekstur kulitnya. Dia juga biasa bersembunyi di dalam liang dan hanya keluar untuk mencari makan. Gurita ini bisa ditemukan di kedalaman 1500 m. Gurita ini disebut – sebut sebagai gurita tercerdas. Untuk berburu dia mengandalkan pengelihatanya yang tajam dan penghisap di lengannya yang sangat sensitif.

Gurita ini merupakan hewan karnivora. Dia memakan hewan dasar laut seperti kerang, ikan kecil, kepiting dan udang. Untuk memakan hewan berkulit keras gurita ini setelah menangkap mangsanya kemudian menyuntikan racun yang bisa membuat daging mangsanya menjadi lunak seperti bubur.

gurita pasifik raksasa 2

Gurita ini berkembang biak kapan saja tidak mengenal waktu khusus. Gurita betina bisa menghasilkan 100.000 butir telur sekali kawin. Telur itu akan dijaga oleh gurita betina dan diletakan pada lubang di dasar laut. Sayangnya setelah nanti telur – telur itu menetas maka induk gurita akan mati karena selama menjaga telur dia tidak pernah meninggalkannya walau sekedar untuk makan. Masa inkubasi telur gurita pasifik adalah 3 – 12 bulan untuk menetas tergantung suhu diskeitarnya semakin hangat semakin cepat telur itu menetas.

Bayi – bayi gurita yang baru menetas akan hidup sebagai bagian dari zooplankton dan menjadi santapan hewan laut lainnya. Disinilah bayi – bayi tersebut akan banyak berkurang mereka yang selamat akan gurita muda akan jatuh kedasar laut dan memulai hidupnya. Masa hidup gurita ini mencapai 5 tahun.

Musuh terbesar hewan ini adalah manusia yang sering mengkapnya sebagai makanan atau umpan untuk hewan lain. Tapi karena tingkat perburuannya yang masih sangat rendah jadi tidak akan mengangu populasi mereka.

Incoming search terms:

  • gurita terbesar di dunia
  • gurita terbesar sepanjang sejarah
  • gurita terbesar
  • gurita terbesar sepanjang sejarah\\
  • gurita besar
  • gurita terbesar didunia
  • gurita raksasa di dunia
  • gambar gurita terbesar di dunia
  • foto gurita terpanjang
  • gurita terbesar sepanjang sejarah''
Inilah Gurita Terbesar di Dunia ada di Samudera Pasifik | Riris Rukma | 4.5