Inilah 10 Danau Terdalam di Dunia

Danau Terdalam di Dunia – Sebelumnya dulu kita pernah membahas danau terbesar di Indonesia. Sekarang kita akan bahas tentang danau terdalam di Dunia. Apakah ada salah satu danau terbesar di Indonesia termasuk didalamnya? Inilah 10 daftar danau terdalam di Dunia menurut Wikipedia

  1. Baikal

Danau terdalam yang pertama terletak di Russia dengan kedalaman 1.637 m. Danau ini menjadi salah satu situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia, Russia. Baikal merupakan danau terdalam dan tertua di dunia. Danau Baikal berisi 20% air tawar dunia dan 90% air tawar Russia. Nama danau ini berasaa dari kata Tatar “Bai-Kul” atau “Danau Kaya” biasa disebut juga “Mata Biru Siberia”. Danau ini menjadi salah satu situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia, Russia.

Danau Baikal

  1. Tanganyika

Danau berikutnya ada di Afrika Tengah yaitu danau Tanganyika dengan kedalaman 1.470 m. Danau ditemukan pada tahun 1858 oleh pengelana Eropa yaitu Richard Burton dan John Speke. Tanganyika terletak di Western Rift di daerah Great Rift Valley. Merupakan danau penyimpan cadangan air tawar ke-2 setelah Baikal.

danau Tanganyika

Danau Terdalam di Dunia

  1. Laut Kaspia

Laut Kaspia mempunyai kedalaman 1.025 m terletak diantara Eropa dan Asia. Merupakan danau air asin di dunia yang mempunyai ciri – ciri seperti laut karena dikelilingin daratan berpasir di sekitarnya. Laus Laut kaspia adalah 371.000 km2. Nama danau ini berasal dari kata Caspi yang awalnya digunakan untuk menyebut suku pedalaman yang tinggal di sebelah barat laut Kaspia.

laut kaspia

  1. Nyasa

Danau ke-4 adalah danau Nyasa atau di sebut juga danau Malawi dengan kedalaman 706 m. Terletak di antara Malawi, Mozambik dan Tanzania dengan luas 29.600 km2. Danau ini terbentuk sekitar 40.000 tahun yang lalu. Merupakan danau terdalam kedua di Afrika.

danau nyasa

Advertisement
  1. Issyk-Kul

Diposisi 5 ada danau Issyk-Kul dengan kedalaman 668 m yang merupakan danau endorheic di pegunungan Tian Shan, di timur laut Kirgizia.  Danau ini mempunyai luas 6.332 km². Danau ini memiliki air yang sedikit mengandung garam dan bila musim dingin tetap bebas dari es. Air danau ini berasal dari mata air dan salju yang mencair.

Issyk Kul

  1. Great Slave

Berikutnya danau Great Slave terletak di Kanada dengan kedalaman 614 m menjadikannya danau terdalam nomor 6 di dunia. Merupakan danau terdalam di Amerika Utara dengan luas 28,568 km2. Danau ini ditemukan oleh pengembara Inggris Samuel Hearne di tahun 1771.

danau great slave

  1. Crater

Posisi ke-7 ada danau Crater dengan kedalaman 594 m yang terletak di Pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat. Merupakan danau yang terbentuk dari erupsi gunung berapi ditahun 4680 SM. Termasuk kedalam daftar danau paling jernih.

danau crater

  1. Matano

Diurutan ke-8 ternyata ada danau yang terletak di Indonesia tepatnya di Sulawesi Selatan dengan kedalaman 590 m. Danau Matano juga merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia yang pernah kita bahas sebelumnya. Merupakan danau terdalam di Asia Tenggara.

Danau Matano

 

  1. Toba

Berikutnya ada danau yang sangat terkenal di Indonesia yaitu danau Toba dengan kedalaman 505 m. Merupakan danau terbesar nomor satu di Indonesia dan Asia Tenggara yang teletak di Provinsi Sumatera Utara.

danau toba

  1. Sarez

Yang terakhir ada danau Sarez di pegunungan Pamir, Tajikistan dengan kedalaman 505 m. Terbentuk pada tahun 1911 ketika terjadi gempa di pegunungan tersebut.

danau sarez

Itulah 10 daftar danau terdalam di Dunia dan dua diantaranya ada di negeri kita tercinta Indonesia.

Incoming search terms:

  • danau terdalam di dunia
  • danau terdalam
  • danau terdalam didunia
  • danau paling dalam di dunia
  • 10 danau terdalam di dunia
  • 10 danau terdalam
  • danau terdalam di dunia adalah
  • danau terdalam di asia
  • danau terluas dan terdalam di dunia
  • Nama danau terdalam di siberia
Inilah 10 Danau Terdalam di Dunia | Riris Rukma | 4.5