Ini Dia 3 Blogger Terkaya Di Indonesia, Siapa Dia?

Blogger Terkaya Di Indonesia – Menjadi kaya siapa yang tidak mau? Menjadi kaya karena blog, mungkinkah? Tidak ada yang tidak mungkin apabila kalian mau berusaha. Contohnya adalah tiga orang Indonesia dibawah ini yang sukses dan kaya sebagai seorang blogger. Siapa mereka?

  1. Yosef Ardi

Pria ini awalnya adalah seorang jurnalis harian ekonomi bisnis dunia. Ketertarikannya untuk mebuat sebuah blog berawal setelah dia mengikuti blogging class ketika dia sedang kuliah di Business journalism di university of California. Saat itu tahun 2005 dia mulai membuat sebuah blog berbahasa Inggris bertema ekonomi sama seperti dunia kerja yang sedang dia geluti saat itu dengan nama yosef-ardi.blogspot.com.

Tidak disangka blognya sukses dengan banyaknya pengunjung. Di dalam blog ini adalah Yosef menuliskan isu ekonomi yang tidak ditulis dalam koran tempatnya bekerja. Semakin seringnya blognya dikunjungi dan menjadi acuan banyak orang saat itu akhirnya dia mengubah blognya menjadi website berbayar dengan nama yosefardi.com. Pengunjung di blognya 90% adalah orang luar Indonesia.

Setelah perpindahanya di bulan pertama dia hanya mendaptkan 20 orang yang berlanggan. Tapi kemudian semakin meningkat sering berjalannya waktu. Akhirnya pria kelahiran Manggarai, Nusa Tenggara Timur itupun mulai mematok harga. Untuk individu ia mematok USD 33 per bulan atau USD 330 per tahun sedangkan untuk pelanggan perusahaan dikenakan tarif USD 55 per bulan atau USD 440 per tahun.

Karena semakin sibuk dengan blognya ini pada tahun 2008 dia memutuskan untuk berhenti bekerja dari kantornya. Bukan keputusan yang mudah awalnya apalagi karir di perusahaannya pun terbilang apik dengan gaji saat itu mencapai 11jutaan. Sekarang dia telah memilih menekunin dunia blogger dan blognya kini telah diakses di lebih dari 23 negara seperti New York, London, Tokyo, Seoul, Hong Kong, Singapura, Sydney, Kuala Lumpur, dan tentu saja Jakarta sebagai basisnya. Penghasilannya saat ini pun walau tidak dikatakan secara detail tapi belipat – lipat lebih banyak dari pekerjaannya sebelumnya.

yosef ardi

Blogger Terkaya Di Indonesia

  1. Aris Tadda

Berikutnya ada Aris Tadda yang merupakan seorang sarjana Kedokteran. Di tahun yang sama 2005 Pria kelahiran Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada tanggal 3 April 1981 memutuskan untuk memulai merintis bisnis advertising berbasis blog. Kala itu dia masih menajdi mahasiswa pre-klinik Fakultas Kedokteran UNHAS. Sama seperti Yosef, awalanya Asri pun membuat blog sesuai dengan bidangnya kala itu kesehatan dan kedokteran.

Tapi sekarang Asri telah membuat banyak blog sekitar lebih dari 200 blog dia buat dengan tema yang lebih luas. Asri membuat blog dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Bisnis yang dikembangkannnya pun sekarang mulai meluas ke berbagaia layanan berbasis internet seperti jasa internet marketing, web development, jasa konsultasi dan dia pun mendirikan sekolah blog. Bisnis – bisnisnya berada dibawah bendera Astamedia Grup. Ternyata keuntungan yang dia peroleh dari mengurusi 200 blognya itu sangat lumayan bisa mencapai 200 juta rupiah/bulan.

asri-tadda

  1. Joko Susilo

Yang terakhir adalah Joko Susilo sebagai seorang blogger terkaya di Indonesia. Walau ternyata banyak Pro dan Kontra di balik kesuksesannya ini tapi tetap saja dia termasuk seorang blogger terkaya dan terkenal. Pemilik jokosusilo.com ini mendapat pendapatan sekitar 75 juta rupiah/bulan. Joko Susilo adalah lulusan S1 Arsitektur Universitas Diponegoro tahun 1999. Usahanya pun terbilang tidak mudah hingga sampai pada kesuksesan saat ini. Apalagi dia memutuskan pekerjaan mapannya demi berbisnis internet. Keputusannya tentu saja menuai keheranan bagi orang – orang di lingkungan sekitarnya saat itu. Tapi waktu telah membuktikan kegigihan dan kerja kerasnya hingga dia dijadikan sebagai salah satu blogger terkaya di Indonesia.

joko susilo

Itulah tiga bolgger terkaya di Indonesia. Kesuksesan mereka ini tentu saja tidak di dapat dengan mudah mereka semua melakukan dengan usaha dan kerja keras.

Ini Dia 3 Blogger Terkaya Di Indonesia, Siapa Dia? | Riris Rukma | 4.5