Daftar Permainan Tradisional Indonesia yang Bikin Kangen Masa Kecil

Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai aneka ragam budaya. Kebudayaan yang banyak tersebut menjadikan keaneka ragaman suku dan juga adat pada setiap daerah. Menariknya keragaman budaya tersebut juga telah melahirkan sebuah permainan tradisional yang berbeda pula.

Daftar Permainan Tradisional Indonesia yang Bikin Kangen Masa Kecil

Berbicara mengenai permainan tradisional, saat ini sudah sangat jarang anak-anak yang memainkannya, bahkan banyak dari mereka yang tidak mengenali permainan tradisional tersebut. Nah, jika anda merasa kangen dengan permainan tradisional Indonesia, berikut ini akan kami ingatkan kembali beberapa permainan tradisional yang mungkin bisa mengobati kangen anda dengan keseruan permainan diwaktu kecil.

Permainan Lompat Tali

Masih ingatkah anda denngan lompat tali? ya, lompat tali merupakan salah satu permainan tradisional yang cukup seru dimainkan. Lompat tali ini terbuat dari karet gelang yang dirangkai hingga memanjang. Biasanya permainan lompat tali ini dimainkan minimal oleh 3 anak.

Permainan tradisional lompat tali ini mampu membentuk daya konsentrasi yang tinggi dan juga mengasah ketlatenan anak yang dimulai dari merangkai karet gelang.

Permainan Dakon atau Coklak

Salah satu jenis permainan tradisional Indonesia yang cukup dikenal adalah congklak atau mungkin ditempat kalian lebih sering disebut dengan dakon. Sebelum munculnya papan dakon, permainan yang satu ini dulunya dimainkan dengan cara mengeruk tanah secara berjajar, dan untuk alat mainnya bisa menggunakan batu kecil ataupun juga biji-bijian.

Dakon merupakan salah satu permainan yang cukup sederhana dan mudah untuk dimainkan. Namun meskipun begitu untuk memainkannya anda membutuhkan konsentrasi agar bisa memenangkan permainan tersebut.

Permainan Petak Umpet

Petak umpet merupakan salah satu permainan tradisional yang cukup populer, bahkan untuk saat ini juga masih ada yang memainkan permainan tersebut. Permainan yang satu ini akan lebih seru jika dimainkan dengan banyak anak. Diantara banyak pemain ada satu yang bertugas untuk menjaga dan menutup matanya dengan hitungan yang telah ditentukan. Sedangkan untuk pemain yang lainnya harus segera pergi untuk bersembunyi ditempat yang tidak mudah untuk ditemukan.

Permainan Bola Bekel

Permainan tradisional selanjutnya adalah bola bekel. Dalam permainan ini terdapat satu set yang berisi bola dengan 4 biji kecil yang biasanya terbuat dari bahan logam. Permainan ini terdapat beberapa level yang harus kalian lewati. Pada level pertama anda harus mengambilnya satu persatu. Sedangkan untuk level kedua anda harus mengambil kecik 2 dan begitu level seterusnya.

Permainan Tapak Gunung

Tapak Gunung merupakan salah satu permainan tradisional yang cukup digemari oleh anak-anak terutama anak perempuan. Permainan yang satu ini membutuhkan keseimbangan tubuh, karena pada saat bermain membutuhkan tumpuan pada satu kaki.

Sebelum melakukan permainan, pemain terlebih dahulu akan membuat kotak untuk batasan atau lintasan yang mana nantinya para pemain harus berjalan dengan satu kaki untuk melewati lintasan tersebut.

Untuk pemain yang berhasil melewati setiap kotak, maka mereka berhak untuk melemparkan gaco untuk memilih kotak manakah sebagai rumahnya. Jika gaco tersebut telah berhenti pada salah satu kotak, maka pemain yang satunya tidak boleh menginjak kotak tersebut.

Nah, itulah beberapa permainan tradisional Indonesia yang bisa anda kenalkan kepada buah hati anda nantinya. Meskipun mereka belum pernah memainkannya setidaknya mereka bisa mengenalnya dan anda juga bisa mengajarinya untuk memainkannya.

Daftar Permainan Tradisional Indonesia yang Bikin Kangen Masa Kecil | Nie Na | 4.5