Cara Penularan Virus Influenza dan Cara Mencegahnya

Virus Influenza barangkali menjadi virus yang paling cepat menyebar dan sering terjadi pada manusia. Mengingat begitu mudahnya penyebaran virus ini, penyakit influenza merupakan penyakit saluran pernapasan akut ini menyebar melalui beragam cara dalam kehidupan manusia.

Meskipun penyakit ini dianggap sebagai penyakit ringan oleh sebagian orang, tetapi jika tidak diberikan penanganan dapat menyebabkan komplikasi ke penyakit lain.

influenza

Salah satu dokter spesialis bernama Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger mengatakan bahwa inluenza memang bisa terjadi di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Flu bisa datang kapan pun tak cuman di musim hujan saja.

Beliau juga mengatakan bahwa sudah saatnya kita sadar proteksi terhadap virus Influenza ini. Salah satunya adalah dengan vaksinasi yang sesuai supaya bisa dicegah terutama untuk mereka yang lanjut usia (lansia).

Beliau juga mengatakan bahwa penyebaran virus influenza ini juga dapat melalui media udara, kontak langsung, dan percikan ludah.

Berikut adalah cara penularan virus Influenza :

1. Antar manusia

Penularan virus antar manusia bisa terjadi dengan 3 cara yaitu large droplets, aerosols, sekret atau kontak langsung dan juga muntahan.

2. Batuk dan bersin

Penularan virus influenza selanjutnya adalah dari aktivitas batuk dan juga bersin. Ketika kita batuk atau bersin kita akan mengeluarkan sebuah partikel yang ukurannya sangat kecil dan terlempar ke udara dan lingkungan. Bisa jadi virus menyebar lewat udara dan terhisap oleh saluran pernapasan.

3. Dropret partikel

Dropret partikel adalah salah satu butiran yang ukurannya sangat kecil yaitu lebih dari 10 um. Transmisi penularan virus bakalan terjadi di jarak dekat sehingga kemungkinan mengenai mulut, mukosa nasal atau konyungtiya.

Tips Mencegah Agar Tidak Tertular Virus Influenza

Karena penyakit Influenza ini sangat mudah sekali tertular bahkan ditempat dimana saja yang kita duga sekalipun bisa saja dengan mudah menyebar ke saluran pernapasan kita. Untuk itu anda harus mengetahui cara pencegahannya.

Untuk gejala influenza sendiri disertai dengan nyeri tenggorokan, batuk, nyeri otot, lemah, nyeri kepala diserta demam dan menggigil dan rasa tak nyaman. Ketika ada seseorang yang menderita influenza sebaiknya ketika bersin sediakan sapu tangan dan hindari bersin dengan kontak langsung dengan orang lain.

Nah berikut ini adalah tips untuk mencegah supaya tidak tertular virus influenza :

1. Pakai Masker atau Penutup Mulut

Ketika salah seorang teman atau kerabat sedang flu jangan lupa untuk menggunakan masker atau penutup mulut untuk menghindari menularnya virus melalui saluran pernafasan.

Ketika kita sedang bersin atau pun batuk maka droplet yang dihasilkan dapat menjangkau hingga jarak 1 meter dan bisa saja menginfeksi beberapa orang.

Bahkan ketika kita juga sedang flu ada baiknya kita memakai masker atau penutup mulut dan hidung untuk menghindari virus influenza masuk ke tubuh ini.

2. Jaga Kebersihan Tangan

Ketika kita sedang bersin atau pun batuk maka bisa saja cairan droplet yang dihasilkan singgah dan menempel di tempat-tempat umum seperti meja, gagang pintu, alat tulis, buku dan sebagainya.

Untuk itulah kita harus melakukan pencegahan dengan cara mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan bahkan ketika sudah beraktifitas dengan debu.

Karena tanpa kita sadari banyak benda-benda yang ada disekitar tersebut terkena virus kemudian secara tidak langsung masuk ketika makan atau pun minum.

3. Makan Makanan Bergizi

Ada kalanya seseorang memiliki tubuh yang sangat rentan sekali terhadap penyakit. Ini karena daya tahan tubuhnya menurun sehingga tidak mampu menghalau secara maksimal bakteri dan virus yang masuk ke tubuh.

Supaya daya tahan tubuh terjaga kita harus mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan juga bergizi seperti diantaranya adalah sayuran, buah-buahan serta beberapa makanan bergizi lainnya.

Hindari juga jajanan sembarangan yang secara kebersihan juga tidak higienis atau kebersihannya tidak terjaga dengan baik.

4. Vaksinasi Flu

Cara selanjutnya yaitu dengan cara vaksinisasi. Vaksin influenza dengan cara suntikan vaksin untuk menjaga virus influenza masuk ke saluran pernapasan.

Vaksin ini bukan hanya diberikan kepada anak-anak lho tetapi juga untuk orang dewasa.

Nah itulah tadi beberapa Cara Penularan Virus Influenza dan Cara Mencegahnya. Semoga bermanfaat.

Cara Penularan Virus Influenza dan Cara Mencegahnya | Makka El Fatih Setiawan | 4.5