Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tidak Boros dan Cepat Habis

Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tidak Boros dan Cepat Habis – Kesulitan dalam mengatur gaji bulanan banyak dialami orang-orang. Para masyarakat modern banyak yang kesulitan dalam mengatur setiap gaji bulanan mereka dapatkan. Tidak jarang, ada orang yang kehabisan uang sebelum datang pertengahan bulan. Lalu adakah cara menghemat uang gaji agar tidak boros?

Cara Menghemat Gaji

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat gaji bulanan. Supaya tidak habis, bahkan bisa ditabung. Bagaimana saja cara menghemat uang gaji agar tidak boros? Di bawah ini adalah langkah-langkahnya.

Membuat Anggaran Bulanan

cara-menghemat-uang-gaji-agar-tidak-boros

Anda harus bisa merencanakan anggaran bulanan. Salah satu caranya adalah dengan membuat daftar pengeluaran untuk berbagai kebutuhan jadi dua bagian. Bagian pertama untuk kebutuhan primer, contohnya tagihan listrik, ongkos kerja, makan, cicilan-cicilan, dan lain sebagainya. Sementara kebutuhan tersier adalah anggaran traveling, shopping, dan keinginan lainnya.

Bayar Tagihan dengan Segera

Sesudah mendapatkan gaji Anda, Anda harus langsung membayar seluruh tagihan yang ada. Dari tagihan telepon, listrik, cicilan, dan lain-lain. Hal tersebut sangat penting supaya tidak akan mengganggu biaya untuk kebutuhan sehari-hari Anda.

Sisihkan Uang untuk Ditabung

Jika Anda biasanya menyimpan uang tabungan dari sisa gaji maka sebaiknya harus lakukan yang sebaliknya. Anda harus coba sisakan gaji untuk tabungan dulu sebelum memakainya untuk keperluan rumah tangga. Hal tersebut bisa sangat berguna untuk menekan pengeluaran yang tidak penting.

Catat Laporan Keuangan Harian

Setiap selesai belanja, simpak stuk belanjanya. Catat seluruh pengeluaran yang dilakukan setiap hari. Cara seperti itu bisa membantu Anda untuk mengetahui kemana uang digunakan. Hal ini juga bisa membantu Anda dalam mengetahui apa saja barang yang sebenarnya tidak perlu dibeli.

Miliki Rekening Bank Lebih dari Satu

Cara menghemat uang gaji agar tidak boros selanjutnya adalah dengan menggunakan dua buah rekening bank yang berbeda. Satu rekening digunakan untuk membeli berbagai kehidupan sehari-hari, seperti membayar tagihan, menerima gaji, serta belanja. Sementara rekening lainnya khusus digunakan untuk menabung.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit bisa membantu Anda dalam hal mengelola keuangan. Namun jika Anda cerdas menggunakannya. Contohnya dengan menggunakan promo yang ditawarkan untuk beli segala barang yang dibutuhkan. Pilihan lainnya adalah dengan mengalokasikannya untuk membayar segala tagihan. Ketika menerima tagihan kartu kredit, segera untuk lunasi.

Itu dia berbagai cara menghemat uang gaji agar tidak boros. Jika Anda melakukan hal-hal tersebut dengan baik dan benar maka Anda tidak akan kehabisan uang sebelum akhir bulan datang. Semoga bermanfaat!

Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tidak Boros dan Cepat Habis | Khisma Nisa Yuniar | 4.5