Apa Saja Perkembangan yang Terjadi di Masa Golden Age Anak?

The Golden Age merupakan masa-masa yang mana anak sudah mampu menerima sebuah rangsangan dari wilayah sekitarnya. Ada hal yang perlu diketahui oleh Bunda, bahwa anak akan menerima semua rangsangan atau kepekaan terhadap sekitarnya sesuai dengan kondisi pertumbuhan dan perkembangannya. Pertumbuhan dan perkembangan dapat berjalan dengan optimal dikarenakan adanya asupan makanan dan minuman yang bernutrisi. Maka dari itu, Bunda bisa menyiapkan susu pendamping tumbuh kembang anak yaitu susu Morinaga. Dengan susu Morinaga, semua kebutuhan nutrisi

SUSU-MORI-023A-1-2

Dalam hal ini, masa kepekaan anak merupakan masa dimana mulai terlihat kematangan fungsi dari fisik anak dan psikis anak. Dalam masa kepekaan anak, di sinilah orang tua perlu memperhatikan perkembangan kognitif, motorik, emosional, agama, sosial, dan moral dari anak agar ke depannya menjadi anak yang baik.

Kepekaan Anak

Pondasi kehidupan anak di masa depan adalah masa kepekaan. Di sini, masa kepekaan akan diisi dengan pemikiran kritis anak di dalam mengeksplorasi hal-hal baru. Bahkan dalam penelitian saat ini, pada masa inilah kecerdasan seorang anak akan berkembang pesat. Kecerdasan inilah yang akan memengaruhi kemampuan intelektual dan karakteristik yang ada di dalam diri mereka. Ketika orang tua tak mampu memberikan yang terbaik dari pengontrolan diri kepada anak, tidak memberikan makanan bernutrisi beserta minumannya akan memberikan dampak fatal untuk kehidupan anak di depannya nanti.

Pada saat orang tua tidak mampu memberikan yang terbaik untuk anaknya maka di kemudian hari atau masa depan anak akan terhambat. Kata terhambat di sini merupakan suatu permasalahan baik itu permasalahan fisik dan psikologi seorang anak. Jadi, jangan sampai biarkan Bunda tidak memberikan makanan bernutrisi, susu Morinaga, dan mengontrol diri di depan anak.

Perkembangan anak terdiri menjadi beberapa bagian yaitu motorik, fungsi fisik, kognitif, dan berbahasa. Perkembangan pada aspek motorik yaitu perkembangan gerakan anak. Dalam motorik sendiri terbagi menjadi dua yaitu gerakan tubuh yang besar (kaki dan tangan) dan gerakan tubuh yang kecil (jari kaki dan jari tangan). Pada perkembangan ini, lebih baik Bunda memberikan sedikit pengajaran untuk menggerakan bagian tubuh anak.

Fisik Anak

Perkembangan fungsi fisik adalah perkembangan yang dilihat dari aspek fisik. Dalam perkembangan fungsi fisik ini terdapat pola-pola. Pola ini mengarah pada perkembangan fungsi tubuh yang utama dibandingkan bagian yang lain. Perkembangan kognitif adalah perkembangan yang mempengaruhi otak anak dalam hal daya tanggap, daya ingat, dan kemampuan dalam menganalisa sekitarnya. Pada masa perkembangan kognitif, Bunda harus bisa memancing kemampuan berpikir anak melalui permainan yang edukatif.

Apa Saja Perkembangan yang Terjadi di Masa Golden Age Anak? | Makka El Fatih Setiawan | 4.5