Alasan Kenapa Bayi Harus Diberi Vaksin BCG

Fase tumbuh kembang anak merupakan hal yang harus diperhatikan oleh orang tua, karena saat ini merupakan waktu-waktu yang penting dan sangat berpengaruh pada kehidupan anak di masa yang akan datang.  Terlebih saat masih bayi, anak-anak masih sangat rentan akan dunia luar sehingga harus mendapatkan perhatian serta perlindungan khusus agar terhindar dari berbagai pengaruh buruk terutama yang berasal dari luar.  Salah satu cara untuk melindungi anak pada sektor kesehatan adalah dengan melakukan pemberian imunisasi atau vaksin. Termasuk salah satunya vaksin BCG.

Pemberian imunisasi atau vaksin yaitu dengan cara menyuntikkan virus yang telah dilemahkan sebelumnya ke dalam tubuh.  Tujuannya untuk melawan virus tertentu sehingga kita tidak akan tertular atau terkena dampak dari virus tersebut.  Salah satu pemberian vaksin yang memang harus didapatkan oleh semua bayi adalah vaksin BCG.  Banyak dari anda terutama para orang tua yang masih bingung dan bertanya-tanya, apa itu vaksin BCG dan apa Alasan Kenapa Bayi Harus Diberi Vaksin BCG, berikut informasi lengkapnya hanya untuk anda.

701111_201811291227410626

Vaksin BCG atau bacillus calmatte-guerin adalah vaksin yang digunakan untuk melindungi diri terhadap tubekulosis atau TB yang menyerang paru-paru. Waktu terbaik pemberian vaksin ini adalah pada bayi yang baru lahir hingga menginjak usia 2 bulan. Meskipun anak-anak serta orang dewasa tetap bisa menerima vaksin ini dengan keefektifan yang tidak maksimal. Seperti vaksin lainnya, vaksin BCG juga hanya diberikan sekali dalam seumur hidup. Pemberian vaksin BCG dilakukan oleh petugas medis terkait yaitu dokter atau perawat. Di dalam vaksin BCG ini berisi bakteri TB yang telat dilemahkan dan akan merangsang sistem imunitas tubuh untuk melawan bakteri TB yang lainnya nanti.  Selain untuk mencegah penyakit TB vaksin BCG juga dimaksudkan sebagai salah satu bentuk terapi pada penyakit kanker kantung kemih.

Merk dagang: BCG Vaccine, Vaksin BCG Kering , BCG Vaccine SSI,

Informasi terkait  Vaksin BCG

  • Jenis Golongan        : Vaksin
  • Jenis kategori          : Obat resep
  • Manfaat vaksin : Mencegah tuberkulosis
  • Terapi pada kanker kandung kemih
  • Peruntukan : Dewasa dan anak-anak

Kategori untuk kondisi ibu hamil dan ibu menyusui : Kategori C:  studi yang dilakukan pada binatang percobaan menunjukan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi lebih lanjut terkait terkontrol pada ibu hamil. Vaksin ini hanya boleh digunakan apabila manfaat yang ada lebih besar daripada risiko yang ditimbulkan terhadap janin.  Belum diketahui apakah jenis vaksin BCG ini bisa diserap ke dalam ASI atau tidak. Akan lebih baik  jika ibu menyusui sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

  • Bentuk pemberian obat : Suntik

Peringatan dan perhatian : Harap berhati-hati dalam vaksinasi BCG terhadap orang yang sebelumnya sudah menerima vaksinasi BCG, pernah mengalami infeksi penyakit TB, memiliki sistem imunitas tubuh yang lemah (misalnya bagi penderita kanker atau HIV), juga anak-anak yang tinggal serumah dengan orang yang diduga memiliki penyakit TB. Beri tahu petugas kesehatan dalam hal ini dokter atau perawat apabila sedang menggunakan jenis obat-obat lain, termasuk suplemen maupun jenis produk herbal, untuk menghindari  reaksi obat yang mungkin terjadi, misalnya saja reaksi alergi atau over dosis.

  • Kontra indikasi obat : Hindari penggunaan obat-obat berikut  bersama dengan vaksin BCG, untuk menghindari  reaksi obat yang mungkin terjadi:
  • Antibiotik : mengganggu efektivitas  dari vaksin BCG itu sendiri.
  • Obat imunosupresif : memperbesar risiko infeksi akibat vaksin hidup, yang merupakan jenis vaksin BCG.
  • Imunoglobulin : menurunkan efek penyembuhan (terapeutik)  vaksin BCG bagi penderita kanker kandung kemih.

Screen Shot 2018-08-02 at 18.39.01_2

  • Efek Samping dan Bahaya Vaksin BCG : Vaksin BCG  sangat tergolong aman dan jarang menimbulkan efek samping, namun tetap memiliki beresiko. Efek samping yang dapat mungkin dialami  setelah menerima vaksin BCG ini meliputi kenaikan suhu bada atau demam serta terbentuknya benjolan serta jaringan parut pada bekas lokasi suntikan.

Demikian lah informasi yang bisa kami berikan terkait apa itu vaksin BCG, pemberian vaksin BCG, apa manfaat vaksin BCG serta Alasan Pemberian Vaksin BCG Untuk Bayi Balita dengan mengetahui hal-hal tersebut tentu anda wajib memberikan vaksin agar buah hati anda terlindungi. Selama pemberian vaksin BCG dari dalam sebagai salah satu upaya meningkatkan tara kesehatan seseorang, pola hidup sehat dan bersih juga harus diterapkan agar bentuk proteksi kesehatan tidak hanya berasal dari dalam tetapi juga dari luar.  Akhir kata semoga saja informasi yang baru saja anda baca bisa memberikan manfaat dan kebaikan, jangan lupa vaksin.

Alasan Kenapa Bayi Harus Diberi Vaksin BCG | Syella | 4.5