8 Tempat Terpanas di Dunia dengan Suhu Extrim -50

Tempat Terpanas di Dunia dengan Suhu Extrim -50 – Musim panas mungkin menjadi dambaan bagi sebagian orang yang negaranya selalu diliputi dengan salju. Tp yang akan dibahas di sini adalah panas yang super ekstrim yang berlokasi di beberapa tempat yang ada di bumi guys. Keadaan cuaca di tempat terpanas di dunia ini benar-benar tidak bersahabat guys.

Sebagai pembandingan aja nih ya guys, di Indonesia saja tak jarang kita mengeluh dengan panasnya cuaca di Indonesia. Namun, kisaran suhu panas di Indonesia hanya mencapai 22 sampai dengan 32 derajat celcius guys. Nah, lantas bagaimana dengan suhu tempat terpanas di dunia, kisaran berapa derajat panas yang dicappainya, dimanakah tempat itu, dan sebara ekstrimkah panas di tempat itu? saatnya Kamu menyimak ulasan singkat mengenai beberapa tempat terpanas di dunia.

047423800_1432971483-Al-Aziziyah__Libya

Tempat Terpanas di Dunia dengan Suhu -50

  • Al’Aziziya, Libya – 49o ini dia guys suhu yang dimiliki oleh salah satu tempat yang memiliki panas yang ekstrim di dunia. Al Aziziya atau El Azizia pada tahun 1992 namanya dicatat dalam sejarah sebagai tempat yang memiliki panas terekstrim di dunia karena mencapai 58 derajat celcius. Rekor ini bertahan dalam waktu yang cukup lama, 90 tahun rekor tempat terpanas di dunia disandang oleh tempat ini. Kemudian rekor itu pecah pada tahun 2012, bukan karena ada tempat yang menyaingi, melainkan pernyataan dari WMO yang menyebutkan bahwa angka tersebut tidak valid. Walaupun kebenaran dari rekor terpanas itu udah dimentahkan oleh WMO, namun kadar panas tempat ini memang tidak dapat diremehkan. Sebabnya ketika musim panas tiba, suhu El’Azizia bisa mencapai 49 derajat celcius, bahlan menurut penuturan sebagian orang tidak menutup kemungkinan suhu panasnya lebih dari itu.
  • Ahvaz, Iran – 53,5o tempat terpanas berikutnya berada di negara beribukota Teharan guys. Tempat ini memang di bangun di tepi sungai Karun, namun demikian cuaca panasnya memang tidak bisa diremehkan ketika musim panas tiba. Ahvaz mempunyai iklim gurun yang sangat panas ketika musim dingin menghampirinya, musim dingin yang singgah di tempat ini pun sangat singkat. Suhu panas di tempat ini rata-rata mencapai 45 derajat celcius, namun dikatakan angka 53 derajat celcius pun pernah dicapainya yang disusul dengan badai pasir dan debu.  Ahfaz sebagai kota terpolusi karena udaranya yang dipenuhi dengan pasir dan debu pun pernah diselempangkan padanya.
  • Tirat Zvi, Israel –  53,7o walaupun keberadaannya berlokasi di tempat Sungai Jordan, namun tempat ini tak jarang disebut-sebut sebagai tempat terpanas di dunia. Tempat ini dilanda panas yang luar biasa, yakni 53 derajat celcius ketika musim panas tiba, ini terjadi pada tahun 1942. Sehingga tempat ini menorehkan namanya sebagai tempat terpanas di Asia. Para penduduk setempat akan berendam di mata air, dan berlindung di kanopi rumahnya untuk menghindari panas ekstrim di kota ini. memang  ekstrim banget ya guys.
  • Timbuktu, Mali – 54,5o  tempat terpanas berikutnya terletak di pusat jalur perdagangan Gurun Sahara, tidak heran ya guys karena tempatnya yang memang di daerah gurun, tapi walaupun demikian ngeri juga guys, suhunya sangat tinggi. Tempat terpanas di dunia ini pernag dijadikan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran Islam di Afrika guys. Kini tempat terpanas ini diakui sebagai tempat manuskrif kuno yang paling menakjubkan di dunia. Patut disayangkan kota ini terus mengalami ancaman desertifikasi, bagian-bagian kota terus menerus mengalami degradasi dan semakin kering. Sehingga panas di tempat ini pun mencapai 54 derajat celcius. Untung saja di tempat ini bisa dijumpai air dengan mudah, yakni di Sungai Niger.
  • Kebili, Tunisia – 55o  walaupun kota ini terkenal dengan panasnya yang ekstrim, namun masyarakat yang hidup di kita oasis pusat Tunisia, Afrika ini sudah hidup jauh sejak manusia modern. Hal ini ditunjukkan oleh penemuan para arkeolog bahwa tanda-tanda kehidupan di tempat ini sudah ada sejak 200 tahun lalu.
  • Ghadames, Libya – 55o memang tidak mengherankan kota ini didapuk sebagai tempat terpanas di dunia. Hal ini karena kota ini merupakan kota oasis bertembok yang terletak di barat daya Libya. Organisasi PBB, UNESCO pun memberikan predikat warisan dunia kepada tempat terpanas di dunia ini. suhu etrim yang di kota ini mencapai 55 derajat celcius. Masyarakat harus berlindung dari panas ekstrim tersebut dengan cara mendirikan rumah-rumah dari bahan alami, seperti daun pohon sawit dan lumpur.
  • Rub Al’ Khali, Semenanjung Arab – 56,1o  56 derajat celcius adalah temparatur tertinggi yang pernah diinjak oleh gurun ini. tidak hanya tempat terpanas di dunia yang disandang oleh tempat ini, ia pun mendapat predikat sebagai gurun terluas di dunia. Keluasannya menutupi satu per tiga wilayah semenanjung Arab yang meliputi  Saudi Arabia, Yemen, Oman dan Uni Emirat Arab. Panas ekstrim yang menimpa tempat ini sangat tidak memungkinkan untuk manusia yang melewati gurun ini dengan tanpa menggunakan alas kaki.
  • Death Valley, California – 56,6o banyak predikat yang diselendangkan padanya. Ia adalah wolayah terendah, terpanas, terkering di Amerika Utara. Rekor tempat terpanas di dunia pun dipegang olehnya, yakni 134 derajat Farenheit. Namun, pada malam hari cuaca di tempat ini dapat berubah secara ekstrim, bahkan dapat mencapai 0 derajat celcius.

Baca juga : Tempat Paling Misterius di Dunia

Demikian ulasan mengenai beberapa tempat terpanas di dunia. Dengan mengetahui temperaturnya saja Kamu sudah bisa membayangkan bagaimana ekstrimnya panas di tempat tersebut kan guys. betapa beruntungnya kita berada di Indonesia dengan iklim tropis yang dimilikinya ya guys.

8 Tempat Terpanas di Dunia dengan Suhu Extrim -50 | Ira Nurhasanah | 4.5