8 Pohon Tertua di Dunia dengan Usia Ribuan Tahun

Pohon Tertua di Dunia dengan Usia Ribuan TahunPohon merupakan makhluk hidup tertua yang hadir di planet bumi tempat persinggahan kita ini. berdasarkan hasil pengidentifikasian kurang lebih ada lima puluh pohon yang  hidup lebih dari seribu tahun. Tidak menutup kemungkinan masih ada pohon-pohon tua lainnya di belahan bumi lain yang belum teridentifikasi.

Kamu penasaran nggk nih guys, kok bisa ya pohon bisa tetap bertahan hidup sampai ribuan tahun. Salah satu alasannya karena pembuluh mereka yang memiliki sistem terkotak guys. Hal ini memungkinkan satu bagian dari pohon tersebut mati, tidak demikian dengan bagian pohon lainnya yang terus mengalami perkembangan dan memproduksi senyawa defensive untuk melawat serangan bakteri dan parasit. Nah itu ternyata rahasia umur panjang pohon guys. Menakjubkan sekali bukan, bisa melihat pohon yang hidup ribuan tahun dengan beberapa oeradaban yang disaksikannya. Berikut ini adalah ulasan singkat beberpa pohon tertua di dunia.

pohon

Pohon Tertua di Dunia

  • Bristlecone Pine 4200 tahun.  Pohon cemara alias pinus yang merupakan golongan dari family Pinaceae bisa Kamu temukan kapan pun dan dimana pun selama tempat tersebut memiliki tanah yang berpasir dan berkapur, mengandung banyak air, ataupun yang tempat yang mempunyai kadar keasaman yang cukup tinggi. Pohon ini bisa Kamu temukan mulai dari Siberia, Skotlandia, Norwegia, kepulauan Canary, Filipina, pegunungan Himalaya sampe ke pelosok New Zealand, Brazil dan Chili. Pohon  ini merupakah pohon yang  cukup fenomenal, karena selain organismenya bisa hidup dimana saja, pohon pinus juga mempunyai nilai jual yang mumpuni dalam dunia industry perkayuan. Bagian-bagian dari pohon cemara, mulai dari getah, biji,  ranting, sampai daunnya pun dapat dikomersilkan. Pohon yang satu ini termasuk pohon yang memiliki umur yang panjang, karena bisa mencapai seratus hingga seribu tahun. Bahkan pohon cemara melalu kelas pesies Great Basin Bristlecone Pine ( Pinus longaeva ) yang di tahun 2008 ini berumur 4840 tahun menyandang predikat pohon tertua di dunia. Pohon ini memiliki tinggi 3-80 meter , namun rata-rata tinggi jenis cemara ini adalah 15-45 meter.
  • .Jomon Sugi 2000-7000 tahun. Wikipedia mengungkapkan bahwa pohon ini adalah pohon tertua di Jepang yang ditemukan pada tahun 1968. Pohon ini memiliki tinggi sekitar 25,3 meter dengan volume 300 m kubik dan diperkirakan memiliki usia antara 2000 – 7200 tahun. Pohon tertua di dunia jenis ini berlokasi di Pulau Yakushima bagian paling utara Jepang . Kamu bisa menempuhnya dengan pesawat dari Bandara Kagoshima selama 40 menit.
  • Spruce Ione Norwegia 9550 tahun. Pohon tertua di dunia berikutnya hanya berbekal tinggi 4 meter, namun jenis pohon cemara yang tumbuh di Swedia ini diperkirakan memiliki usia  9.550 tahun. Pohon yang hidup sejak zaman es ini tercatat sebagai pohon tertua di dunia. Pohon cemara spesies ini ditemukan tahun 2004 silam,  pohon ini ditemukan oleh para peneliti  di sekitar semak-semak pegunungan pada ketinggian 910 meter,  Provinsi Dalarna, Swedia. Pohon tertua ini tidak dikategorikan sebagai pohon langka kok guys, karena penduduk  setempat sering menggunakan cemara jenis ini sebagai pohon natal. Leif Kullman,seorang  profesor ekologi dan lingkungan hidup di Universitas Umea, Swedia mengungkapkan bahwa kemampuan pohon ini mengkloning diri memungkinkan pohon ini memiliki usia yang sangat panjang, sehingga membuatnya dinobatkan sebagai pohon tertua di dunia. Batang dan ranting pohon ini diketahui dapat bertahan hidup hingga 600 tahun. Nah ketika batang yang satu mati, maka batang berikutnya akan mengalami pembentukkan oleh akar, begitulah seterusnya.
  • Castagnu de Centu Cavaddi – Mount Etna, Sisilia, Itali. Pohon tertua di dunia jenis ini diperkirakan berusia 2000 hingga 4000 tahun. Uniknya pohon ini tumbuh di Gunung Etna yang popular dengan gunung berapi yang masih aktif di dunia. Keunikan lainnya adalah nama pohon ini yang jika diartikan maknanya “Kastanye 100 Kuda”.  Nama itu dilatarbelakangi oleh sebuah legenda mengenai 100 ksatria yang terjebak badai dan kemudian memilih untuk berteduh di bawah pohon Kastanye ini.
  • Elia Bouybon – Kolymvari, Crete, Yunani.  Ini adalah salah satu pohon tertua di dunia berikutnya. Salah satu pohon dari tujuh pohon Zaitun Mediterania ini memiliki usia diperkirakan 2000 hingga 3000 tahun. Walaupun mengenai usianya tidak diketahui secara pasti, pohon ini terus mendatangkan manfaat karena bisa memproduksi zaitun yang memiliki harga lumayan tinngi.
  • Patriarca da Floresta – Brazil.  pohon tertua selanjutnya yang diperkirakan memiliki usia sekitar 3000 tahun ini diyakini sebagai pohon suci. Penebangan hutan liar yang dialami oleh Brazil menyebabkan pohon ini hampir mengalami kepunahan.
  • Gran Abuelo – Cordillera Pelada, Los Ries, Chili. Pohon yang terletak diTaman Nasional Alerce Costero ini adalah pohon lokal Pegunungan Andes.
  • Sarv-e Abarkuh – Arbakuh, Yazd, Iran. Pohon tertua di dunia berikutnya terdapat di Negara Iran. Pohon yang sudah ada sejak zaman perunggu kuno ini diperkirakan sudah memasuki usia 4000 tahun. Kamu bisa menemukan tanaman jenis ini di halaman Llangernyw, yang menurut kepercayaan masyarakat setempat pohon tersebut sebagai tempat bersemayam roh kuno bernama Hari Halloween adalah hari dimana roh ini menyebutkan nama-nama orang yang akan meninnggal di tahun berikutnya. Demikianlah kepercayaan yang tumbuh di masyarakat setempat mengenai pohon tertua di dunia ini.

Baca juga : Mata Air Terpanas di Dunia

Itulah ulasan mengenai pohon beberapa pohon tertua di dunia yang usianya mencapai ribuan tahun. ya dengan membaca artikel seru marik ini Kamu jadi tahu kan guys bahwa ada tumnuhan yang hidupnya lebih tua dari tahun masehi kita ini. sungguh kuasa Tuhan menciptakan tumbuhan yang hidup mileniuman tahun itu.

8 Pohon Tertua di Dunia dengan Usia Ribuan Tahun | Ira Nurhasanah | 4.5