8 Negara dengan Waktu Puasa Terpanjang dan Terpendek

Negara dengan Waktu Puasa Terpanjang dan TerpendekPuasa adalah bagian dari rukun Islam yang harus ditunaikan oleh umat Muslim di seluruh dinia ketika bulan suci Ramadhan datang. Selama 1 bulan lamanya umat muslim dihariskan untuk menahan lapar sejak azam subuh menjelang hingga azan magrib tiba atau dari terbit pajar hingga terbenam matahari. Sepertiga malam disunatkan untuk makan sahur bagi mereka yang akan menjalankan ibadah puasa.

Sebuah hukum alam, karena bumi mengalami rotasi sehingga waktu yang atau hitungan jam setiap negara dalam menjalankan puasa pun berbeda-beda. Puasa yang kita jalani sebagai orang Indonesia 13 jam lamanya. Ya, kita salah satu dari negara yang beruntung karena memiliki pergantian siang dan malam dengan sangt seimbang. Kamu mungkin tidak percaya bahwa ada saudara seiman kita di negara Skandinavia yang harus menahan lapar 21 jam lamanya. Perputaran bumi di negara ini tidaklah lurus, tetapi miring. Hal ini menyebabkan negara-negara di bagian belahan bumi utara menerima sinar matahari lebih lama pada bulan Maret hinggs September. Sebaliknya di belahan bumi selatan pada bulan Oktober hingga Februari harus rela mengalami siang lebih lama. Berikut ini adalah negara waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia.

Ramadan_America__471x310

Negara dengan Waktu Puasa Terpanjang dan Terpendek

  • Rusia dengan waktu puasa 19 jam. Saudara seagama kita di Rusia harus menahan haus dan lapar 19 jam lamanya guys. Rusia merupakan salah satu negara yang terletak di bumi belahan utara dengan mulai berpuasa pada pukul 03.15 dan berbuka pada pukul 21.27. berarti saat kita selesai terawih bahkan udah bersiap tidur, mereka baru berbuka guys, kita baru aja mau sahur, sedangkan mereka sudah harus menahan lapar lagi. Jadi merasa beruntung banget ya jadi orang Indonesia guys.
  • Inggris dengan waktu puasa 17 jam 45 Menit.17 jam 45 menit adalah menahan lapar dan haus yang dan daus dahaga yang harus dilakukan oleh saudara muslim kita di Britania Raya sana guys.
  • Amerika Serikat dengan waktu puasa 16 Jam. Negeri paman sam adalah negara dengan waktu puasa terpanjang berikutnya dengan 16 jam waktu puasa. Berarti pemeluk agama Islam di paman sam harus menunaikan puasa 16 jam lamanya guys, 3 jam lebih lama dari kita.
  • Jepang dengan waktu puasa 15 jam 37 menit. Saudara muslim kita di negeri sakura harus kuat berpuasa dengan durasi waktu 15 jam 37 menit, hanya berbeda setengan jam dengan mereka yang berpuasa di negara adidaya Amerika Serikat ya guys. Selain waktu puasanya yang lebih lama dari kita, saudara-saudara muslim kita di sana pun cukup kesulitan guys untuk menemukan makanan yang berlebel halal.

Dunia ini memang selalu dikotomik guys. Kita sama-sama ketahui barusan mengenai beberapa negara yang harus rela menahan lapar dan dahaga lebih lama dari kita, sekian jam lamanya. Di belahan bumi yang berbeda ada juga negara yang waktu puasa terpendek guys. Jadi mereka berpuasa lebih pendek dari jam kita berpuasa. Hal ini karena ketika puasa menjelang mereka telah memasuki musim dingin sehingga siang hari lebih cepat daripada malam harinya. mereka adalah negara-negara yang terletak di belahan bumi paling selatan. Simak yuk guys, berikut ini adalah negara dengan waktu puasa terpendek di dunia.

Advertisement
  • Chili dengan waktu puasa 9 jam. Negara chili dengan ibukota Santiago ini berlokasi di belahan bumi paling selatan. Saudara muslim di negara ini harus menahan lampar dan haus 9 jam 21 menit lamanya, yakni dari jam 5.31 hingga jam 15.00. wah pendek sekali ya guys waktu puasa mereka. Di Indonesia sudah lewat jam 1, bahkam matahari sudah terbut mereka baru puasa guys. Di Indonesia baru azan Ashar eh mereka udah buka aja ya. Nah untuk Kamu yang ingin waktu puasanya singkat boleh deh ngungsi ke negara Chili ketika Ramadhan datang hehe. Tapi walaupun durasi berpuasa mereka lebih sebentar dari kita, mereka punya tantangan lain guys. Udara kering dan cuaca dingin adalah hal lain yang harus dilawan oleh mereka yang berpuasa di negara Chili. Mereka keren guys, walaupun berpuasa dibarengi udara kering dan dingin tapi mereka tetap beraktivitas.
  • Argentina dengan durasi puasa 9 jam. Argentina menjadi negara berikutnya yang memiliki waktu puasa teroendek di dunia guys. Waktu puasa yang harus dieksekusi oleh mereka adalah 9 jam 37 menit. Meskipun kaum muslim di Argentina merupakan masyarakat minoritas,yakni 1.9 persen dari penduduk Argentina, ┬átapi kita patut mengacungi jempol pada masyarakat Argentina yang memiliki sikap yang ramah guys, mereka tidak memiliki fanatisme kesukuan.
  • Kepulauan Komoro dengan waktu puasa 12 jam. Penduduk negara bagian dari jazirah Arab ini menempuhpuasa selama 12 jam 31 menit.Negara dengan waktu puasa terpendek berikutnya hanya selisih setengah jam dari puasa kita ya guys. Musim dingin dan udara kering pun menyertai mereka dalam menahan lapar dan dahara. Namun aktivitas mereka masih tetap berjalan seperti biasa.
  • Arab Saudi dengan waktu puasa 12 jam. Awal mulanya waktu puasa di Arab Saudi sekitar 14 jam 40 menit. Namun waktu puasa di Arab Saudi ditinjau ulang oleh para ahli falak hingga kini Arab Saudi hanya berpuasa 12 jam 40 menit lamanya.

Baca juga : Peristiwa Bersejarah Islam di Bulan Ramadhan

Demikian guys ulasan mengenai negara dengan waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia. tiada lain yang harus kita lakukan selain bersyukur terlahir dalam kondisi yang serba pas. waktu puasa yang tidak begitu lama juga tidak begitu sebentar, serta cuaca dan iklim yang stabil, tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Semoga bermanfaat.

8 Negara dengan Waktu Puasa Terpanjang dan Terpendek | Ira Nurhasanah | 4.5